Kompas TV nasional update corona

IDI: Apabila Terus Abai, Indonesia Bisa jadi Epicentrum Covid-19 Dunia

Kompas.tv - 18 September 2020, 16:13 WIB
idi-apabila-terus-abai-indonesia-bisa-jadi-epicentrum-covid-19-dunia
Ilustrasi dokter dalam penanganan Covid-19. (Sumber: Pixabay)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencemaskan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Apabila hal ini (ketidakdisiplinan masyarakat) terus berlanjut, maka Indonesia akan menjadi episentrum Covid dunia," kata Ketua Tim Mitigasi PB IDI dr Adib Khumaidi dalam keterangan yang diterima Kompas TV, Jumat (18/9/2020).

Menurut Adi, hal ini malah akan berdampak semakin buruk pada ekonomi dan kesehatan negara Indonesia.

Angka kematian dokter yang terus bertambah, kata Adib, juga disebabkan masih abainya masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

"Kami mewakili seluruh tenaga kesehatan di Indonesia memahami bahwa ada kebutuhan ekonomi yang juga perlu diperhatikan. Namun, kami meminta masyarakat sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid ini agar disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas kesehariannya."

Baca Juga: Langgar Protokol Kesehatan di PSBB, 23 Kantor Ditutup Sementara

Disebutkan Adib, pada Kamis (17/9/2020), dokter yang meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19 bertambah dua. Keduanya merupakan dokter umum dari Jakarta dan Jawa Timur

Dengan kematian dua dokter tersebut, total 117 dokter Indonesia yang telah meninggal dunia karena Covid-19.

Dengan jumlah dokter yang berguguran maka menjadi pekerjaan besar untuk tetap bisa proporsional dalam pelayanan kesehatan. Karena para tenaga kesehatan menjadi benteng terakhir dalam penanganan Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.