Kompas TV regional peristiwa

Helikopter yang Hilang Kontak di Papua Ditemukan 3 Kru Selamat Tapi ...

Kompas.tv - 18 September 2020, 14:39 WIB
helikopter-yang-hilang-kontak-di-papua-ditemukan-3-kru-selamat-tapi
Lokasi pendaratan darurat sebuah helikopter milik PT National Utility Helicopters (NUH) yang sebelumnya dilaporkan hilang sejak Kamis (17/9/2020). (Sumber: Dok. Humas Polda Papua)
Penulis : Desy Hartini

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Sebuah helikopter milik PT National Utility Helicopters (NUH) dilaporkan hilang kontak usai lepas landas dari Bandara Nabire, Papua telah ditemukan, Jumat (18/9/2020).

Helikopter yang membawa tiga orang dan hilang kontak sejak Kamis (17/9/2020) pukul 12.06 WIT. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bandara Nabire, M Nafiq.

Namun, tim gabungan yang diturunkan belum dapat mengevakuasi para kru helikopter dikarenakan faktor cuaca.

Baca Juga: Empat Helikopter Bantu Padamkan Lima Hektar Lahan Terbakar

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal menuturkan bahwa tim evakuasi terbang dan tiba di lokasi tempat munculnya sinyal emergency locator transmitter (ELT).

Ketika tiba di lokasi, tim evakuasi menemukan tanda-tanda kehidupan dan langsung melakukan pengecekan. Akhirnya, tim berhasil melakukan kontak dengan para kru.

"Pencarian mulai dilakukan pukul 08.23 WIT menggunakan pesawat heli dari PT Intan Angkasa Air Services registrasi PK-IWV, lalu sekitar pukul 10.00 WIT posisi ditemukan pada koordinat 5l3.33.3 S, 136:9.28 E pada cekungan sungai," ujar Kamal, di Jayapura, yang dilansir dari Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Kamal menyebut, tim SAR pertama yang menemukan langsung bisa kontak, tetapi tidak ada tempat darurat untuk mendarat. Meski demikian, Kamal memastikan, ketiga kru Helikopter tersebut selamat.

"Pesawat mendarat darurat, pilot, copilot dan kru selamat. Sekarang tim sedang dalam proses evakuasi korban, tapi tergantung dari cuaca di sekitar lokasi," kata Kamal.

Baca Juga: Pencarian Korban Kapal Cepat Polairud Gunakan Helikopter

Dari laporan tim evakuasi yang berjumlah empat orang tersebut, terlihat kondisi helikopter dalam keadaan baik. Namun, posisi helikopter tidak dalam keadaan tegap.

"Kondisi heli masih utuh tapi dalam posisi jatuh, diperkirakan karena tempat pijakannya lembek," kata dia.

Menurut Kamal, saat ini Tim SAR tengah berusaha meminta bantuan dari PT Freeport yang memiliki peralatan penyelamatan lebih lengkap.

"Sedang meminta bantuan dari Tim SAR PT Freeport yang memiliki peralatan lebih lengkap," kata dia.

#Helikopter #Papua #HeliJatuh



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x