Kompas TV regional update corona

Tak Pakai Masker, Pria Ini Rela Dipenjara 3 Hari karena Tak Mampu Bayar Denda Rp 150.000

Kompas.tv - 18 September 2020, 11:33 WIB
tak-pakai-masker-pria-ini-rela-dipenjara-3-hari-karena-tak-mampu-bayar-denda-rp-150-000
Petugas gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kota Semarang melakukan razia masker di Pasar Sampangan Kota Semarang, Rabu (16/9/30). Sejumlah pengendara dan pengunjung pasar yang tidak mengenakan masker saat terjaring Operasi Yustisi Pencegahan COVID-19 di Pasar Sampangan langsung di data. (Sumber: Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Penulis : Tito Dirhantoro

SIDOARJO, KOMPAS TV - Seorang pemuda asal Desa Janti, Kecamatan Waru, Sidoarjo, bernama Faisal terjaring razia protokol kesehatan Covid-19 pada Kamis (17/9/2020) malam.

Sebagai hukumannya, ia dikenai denda sebesar Rp 150.000. Tapi, Faisal tak mampu membayarnya. Akibatnya, ia pun harus rela menjalani hukuman penjara selama tiga hari.

Faisal diketahui terjaring razia petugas gabungan terdiri atas TNI, Polri, dan Satpol PP. Razia masker tersebut digelar di Jalan Brigjen Katamso, Waru, Sidoarjo.

Baca Juga: Viral! Wanita Kena Razia Masker Saat Sendirian di Mobil, Ini Aturannya

Pengendara sepeda motor, mobil, angkutan umum, dan semua warga yang melintas diperiksa petugas.

Selain itu, ada juga petugas Mobile Covid Hunter yang keliling ke sejumlah wilayah Sidoarjo.

Warga yang tidak pakai masker langsung dibawa oleh petugas. Semua dikumpulkan di area lapangan tenis Perum Graha Tirta.

Di sana, semua warga langsung bergantian menjalani sidang di tempat. Penyidik, jaksa, hakim, sudah lengkap. Para pelanggar pun bergantian menjalani sidang.

Baca Juga: 19 Warga Bogor Terjaring Razia Tak Pakai Masker, Didenda Rp 50.000 hingga Dihukum Push Up

Hampir semua yang terjaring razia dikenakan sanksi yang sama, yakni denda sebesar Rp 150 ribu. Denda tersebut sebagaimana aturan dalam Pergub Jatim.

"Kena denda Rp 150 ribu, tapi saya hanya bawa uang Rp 20 ribu," kata pemuda yang mengenakan kaus putih itu dikutip dari Surya.co.id pada Jumat (18/9/2020).

Faisal mengaku, saat terjaring razia dirinya hendak membeli makan.

"Saya memang gak pakai masker. Biasanya kan enggak ada razia seperti ini," ujar Faizal yang mengaku saat ini sudah tahu aturan sekarang wajib pakai masker.

Baca Juga: Banyuwangi Zona Merah Corona, Razia Masker Digencarkan

Jika para pelanggar lainnya bisa langsung pulang setelah menjalani sidang dan membayar denda, tidak demikian bagi Faizal.

Dia harus menunggu sampai semua pelanggar selesai menjalani sidang dan bubar. Ini terjadi karena Faisal tidak bisa membayar denda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.