Kompas TV regional berita daerah

Kemarau, Warga Sedot Air Menggunakan Selang

Kamis, 17 September 2020 | 18:16 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Menyedot air dari selang inilah salah satu cara warga di Dusun Kalidadap Imogiri, BantulYogyakarta untuk bisa mendapatkan air di musim kemarau. Setiap tahun warga di Dusun Kalidadap selalu kekurangan pasokan air bersih, di saat musim kemarau datang.

Satu-satunya sumber mata air yang masih tersisa harus dibagi rata untuk ratusan warga di 5 RT di Wilayah Dusun Kalidadap 2 dan 1. Karena sumber air semakin menyusut di musim kemarau, warga harus mengambil air dengan cara menyedot dari bak tampung sumber mata air melalui selang dan kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga.

Hal ini pun dilakukan dengan sistem pasang copot beberapa kali dalam sehari. Karena cadangan air di dalam bak sumber mata air habis hanya dalam waktu 1 jam. Sementara itu agar air dari sumber mata air ini bisa terbagi rata ke warga, pengambilan air dijadwal 2 hingga 3 kali sepanjang pagi hingga malam hari untuk memberi waktu bak sumber air terisi air kembali.

Hanya dengan bantuan selang ini warga bisa mendapatkan air meski harus mengeluarkan biaya tinggi untuk membeli selang. Minimal kebutuhan selang per keluarga 7 hingga 16 roll, bahkan terjauh hingga menghabiskan 22 roll. Warga mengaku selama 1 jam mengalirkan air dari selang ini, hanya bisa mendapatkan 1 ember ukuran besar.

Dua sumber mata air yang tersisa saat ini yakni Sumber Padokan dan Sumber Wonosari kini menjadi tujuan dan harapan warga untuk bisa mendapatkan air, baik untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, maupun kebutuhan pertanian.

#Selang #MusimKemarau #MataAir


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:40
MANCHESTER CITY RESMI PERKENALKAN RUBEN DIAS YANG DIREKRUT DARI KLUB PORTUGAL   14 ANGGOTA TIM DAN STAF GENOA POSITIF COVID-19, GELARAN LIGA ITALIA TERANCAM DITUNDA SELAMA DUA PEKAN   POSITIF COVID-19, BINTANG LIVERPOOL THIAGO ALCANTARA ABSEN MEMPERKUAT TIMNYA DALAM BEBERAPA LAGA KE DEPAN   TOTTENHAM HOTSPUR MELANGKAH KE PEREMPAT FINAL LIGA INGGRIS SETELAH MENANG ADU PENALTI 5-4 LAWAN CHELSEA   PEMPROV DIY PERPANJANG MASA TANGGAP DARURAT KORONA HINGGA 31 OKTOBER 2020   GUBERNUR BI PERRY WARJIYO: TRANSAKSI DIGITAL NAIK 37,8 PERSEN SELAMA PANDEMI   DPR SAHKAN UU APBN 2021, PERTUMBUHAN EKONOMI DITARGETKAN 5 PERSEN   MULAI 1 JANUARI 2021, TARIF METERAI NAIK MENJADI RP 10.000   GRAHA WISATA RAGUNAN, JAKARTA, SIAP TAMPUNG PASIEN ISOLASI MANDIRI KORONA   PERHIMPUNAN HOTEL DAN RESTORAN INDONESIA (PHRI): 20.000 PEGAWAI RESTORAN YANG BEKERJA DI MAL DIRUMAHKAN   IDI: 127 TENAGA KESEHATAN MENINGGAL AKIBAT TERINFEKSI KORONA   KPK TAHAN DUA TERSANGKA KASUS KORUPSI PROYEK JEMBATAN DI KAMPAR, RIAU   MENKO PMK: TINGKAT KEMATIAN PASIEN COVID-19 DI PEKALONGAN HAMPIR 25 PERSEN, FASILITAS KESEHATAN HARUS DITAMBAH   KUNJUNGI RSUD BENDAN DI PEKALONGAN, MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA PENANGANAN PASIEN COVID-19 DITINGKATKAN