Kompas TV regional peristiwa

Dituntun Mimpi untuk Gali Sumur, Warga Bondowoso Temukan Struktur Bata Kuno Majapahit

Kompas.tv - 17 September 2020, 14:41 WIB
dituntun-mimpi-untuk-gali-sumur-warga-bondowoso-temukan-struktur-bata-kuno-majapahit
Llokasi sumur yang digali Abdul Ghani untuk mencari sumber air berada tepat di samping kanan rumah di Bondowoso. (Sumber: TRIBUNMADURA.COM/DANENDRA KUSUMA)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penemuan struktur bangunan bersejarah kembali terjadi di Desa Alas Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso.

Mimpi aneh menuntun seorang warga Bondowoso untuk menggali sumur di samping rumahnya. Abdul Ghani kemudian nekat menggali sumur di samping rumahnya. Saat menggali sumur, Abdul Ghani menemukan sejumlah benda kuno.

Benda-benda tersebut antara lain, batu bata merah dengan corak garis melengkung dan lurus, fragmen porselen (keramik) bermacam warna, adapula kerangka tulang.

Abdul menceritakan, sebelum menemukan benda-benda kuno itu, ia mencari sumber air untuk keperluan sehari-hari.

Ia pun, menggali tanah berdiameter sekitar 40 cm di samping kanan rumah untuk dibikin sumur dengan alat sederhana.

Mendapat laporan adanya temuan tersebut, tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB Jatim) bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso melakukan kajian awal pada Rabu (16/9/2020).

Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, dari segi ukuran, bata berukuran panjang 30 centimeter dengan lebar 17 centimeter dan tebal 5 centimeter itu disebut bagian dari Majapahit.

Temuan ini kata dia, sangat menarik dan perlu ditelusuri adanya kemungkinan keterkaitan antara Bondowoso dengan Majapahit.

Pihaknya juga akan melihat lagi literatur yang ada, mengenai kemungkinan adanya pemukiman kuno di sekitar pegunungan Raung, yang pernah dikunjungi Hayam Wuruk, Raja Majapahit yang berkuasa dari Tahun 1350-1389.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x