Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus Harian di Inggris Semakin Menunjukkan Tren yang Meningkat

Kompas.tv - 17 September 2020, 04:11 WIB
kasus-harian-di-inggris-semakin-menunjukkan-tren-yang-meningkat
Warga Inggris terlihat berkerumun di Regents Park pada Sabtu (4/4/2020). Perilaku masyarakat Inggris saat musim panas disinyalir penjadi sebab makin melonjaknya kasus Covid 19. (Sumber: Sky News)
Penulis : Tussie Ayu

LONDON, KOMPAS.TV - Inggris mencatat hampir 4.000 kasus baru virus corona dalam satu hari pada Rabu (16/9/2020). Data pemerintah menunjukkan ini adalah infeksi harian tertinggi sejak 8 Mei.

Statistik resmi Pemerintah Inggris menunjukkan, ada 3.991 kasus baru virus corona pada Rabu, melonjak tajam dibandingkan dengan 3.105 infeksi di hari sebelumnya, yaitu Selasa (15/9).

Dilansir dari Reuters, angka tersebut merupakan angka harian tertinggi untuk kasus baru virus corona di Inggris sejak 8 Mei, namun bukan merupakan rekor harian baru. Sebelumnya, pada 8 Mei, infeksi harian menunjukkan angka 4.649 kasus.

Meskipun demikian, jumlah ini dinilai sangat mengkhawatirkan karena kasus Covid 19  semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir. Namun meningkatnya kasus di Inggris, seiring dengan kapasitas pengujian yang juga semakin meningkat sejak terjadinya puncak gelombang pertama virus di awal tahun ini.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, dia ingin meningkatkan pengujian menjadi 500.000 tes dalam sehari pada akhir Oktober. Upaya ini dilakukan untuk menghindari penguncian nasional (lockdown) kedua, meskipun jumlah kasus masih terus meningkat.

Indikasi Covid-19 mulai meningkat, semakin tampak pada akhir musim panas. Perilaku masyarakat Inggris saat musim panas yang banyak melakukan aktivitas seperti berjalan-jalan dan bersosialisasi di tempat umum, disinyalir menjadi faktor yang semakin mempercepat penyebaran virus.

Kalangan muda menjadi sasaran kritik karena dianggap tidak mengikuti protokol kesehatan dan mengabaikan aturan untuk menjaga jarak sosial.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, mengimbau warga agar tidak menyia-nyiakan hasil capaian yang didapatkan dengan susah payah, ketika Inggris melakukan lockdown pada awal tahun ini.

“Pandemi Covid 19 ini belum berakhir. Setiap orang bertugas untuk menjaga agar virus ini tidak menyebar dan mengharuskan kita melakukan pembatasan lagi,” kata Hancock.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x