Kompas TV internasional kompas dunia

Selandia Baru Dikejutkan oleh Kematian Satu Warga Akibat Covid 19

Rabu, 16 September 2020 | 11:33 WIB
selandia-baru-dikejutkan-oleh-kematian-satu-warga-akibat-covid-19
Dirjen Kesehatan Selandia Baru Ashley Bloomfield (kiri) mengumumkan satu kematian akibat Covid 19 di Selandia Baru, Rabu (16/9/2020) (Sumber: TVNZ)

WELLINGTON, KOMPAS.TV- Satu orang meninggal dunia di Selandia Baru akibat Covid 19. Di negara dengan kasus Covid 19 yang relatif rendah ini, satu kematian akibat Covid 19 cukup mendapat perhatian publik. Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru Ashley Bloomfield melakukan konferensi pers untuk mengumumkan satu kematian ini.

Bloomfield bahkan membacakan pernyataan keluarga korban yang berupa pesan kepada masyarakat Selandia Baru. “Virus corona sangat nyata. Waspada dan berhati-hatilah!” demikian pernyataan keluarga korban yang dibacakan oleh Bloomfield dalam konferensi pers Rabu (16/9/2020) di Wellington. Selain itu, keluarga korban juga mendesak kepada warga yang merasa sakit untuk melakukan tes dan tetap tinggal di rumah.

Kematian akibat Covid 19 di Selandia Baru bukanlah peristiwa yang terjadi setiap hari. Sebelumnya, kematian terakhir akibat Covid 19 terjadi awal September 2020. Kematian terakhir yang terjadi pada Selasa (15/9/2020) kemarin, menandai kematian ke-25 yang terjadi di negara kiwi ini.

Korban meninggal dunia adalah Nigel Huirama Te Hiko yang berusia 54 tahun. Ia diduga mendapatkan Covid 19 dari kakaknya, Alan Te Hiko, yang telah meninggal pada awal September. Keduanya adalah korban dari gelombang kedua Covid 19 yang melanda Selandia Baru sejak pertengahan Agustus.

Covid 19 di Selandia Baru hingga saat ini relatif terkendali. Pada hari ini (16/9/2020), hanya terdapat tambahan satu kasus baru di seluruh Selandia Baru. Kasus baru terdeteksi di pusat isolasi yang dikelola oleh pemerintah, bukan berasal dari komunitas masyarakat. Kasus yang berada di pusat isolasi merupakan kasus impor yang datang dari luar negeri. Dalam kasus hari ini, tambahan satu kasus baru adalah seorang perempuan berusia 30an tahun dan baru tiba dari Dubai pada 9 September 2020.

Hingga hari ini, hanya terdapat tiga kasus Covid 19 di Selandia Baru yang masih dirawat di rumah sakit. Satu orang dirawat di ruang perawatan biasa di Auckland City Hospital, dan dua orang di ruang ICU di dua rumah sakit yang berbeda.

Total keseluruhan kasus aktif di Selandia Baru hingga hari ini adalah 79 orang. Sebanyak 27 orang merupakan kasus impor dari negara lain, dan 52 orang lainnya merupakan kasus yang didapat dari komunitas di kota Auckland.

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:12
WEBINAR KOMPAS INSTITUTE "INVESTASI KALA RESESI" BERSAMA MOHAMAD ANDOKO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   LIBUR PANJANG, PENGELOLA KAWASAN WISATA DISPARBUD BLITAR BATASI PEZIARAH MAKAM BUNG KARNO CEGAH COVID-19   PANDEMI KORONA, PEMPROV BALI BELUM IZINKAN BIOSKOP KEMBALI BEROPERASI    PEMPROV DKI WAJIBKAN PENGELOLA TEMPAT WISATA BATASI PENGUNJUNG MAKSIMAL 25 PERSEN SELAMA LIBUR PANJANG   KEMENPORA AJAK PEMUDA INDONESIA MELANGKAH MAJU UNTUK INDONESIA LEBIH BAIK   KPU DEPOK IMBAU MILENIAL TAK RAGU GUNAKAN HAK PILIH KE TPS SAAT PILKADA 2020    MENTERI BUMN ERICK THOHIR SIAP DUKUNG PELAKU UMKM DALAM INFRASTRUKTUR, PENDANAAN, DAN AKSES PASAR   KEMENDESA PDTT SEBUT EKONOMI DESA MASIH JAUH TERTINGGAL DARI KOTA   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: IZIN USAHA PENGOLAHAN KOMODITAS PERIKANAN SEMAKIN MUDAH DAN CEPAT   KEMENTERIAN PERHUBUNGAN APRESIASI PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI BANDARA SOEKARNO-HATTA   MAKI NILAI VONIS PENJARA SEUMUR HIDUP DALAM KASUS KORUPSI DI ASURANSI JIWASRAYA BISA JADI EFEK JERA BAGI KORUPTOR   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO TERIMA ANUGERAH RISING STAR OF DEMOCRACY   ANTISIPASI BANJIR, BPBD CIANJUR: JIKA HUJAN DERAS 2 JAM, WARGA DEKAT DAERAH ALIRAN SUNGAI SIAP-SIAP MENGUNGSI   MUSIM HUJAN, BPBD IMBAU MASYARAKAT TINGKATKAN KEWASPADAAN POTENSI ANCAMAN BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR