Kompas TV regional berita daerah

Dana Desa Untuk Membuat Pertadesa

Kompas.tv - 16 September 2020, 07:48 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Salah satu peluang dan kesempatan desa untuk membebaskan warganya dari jeratan kemiskinan yaitu dengan memperkuat perekonomian desa. Ada banyak jalan yang bisa ditempuh, diantaranya dengan mendirikan dan mengembangkan bumdes sebagai pilar ekonomi desa masa depan.

Desa karangjati kecamatan wiradesa Kabupaten Pekalongan , mengelola badan usaha milik desa yang mampu memberdayakan masyarakat lokal dan bernilai ekonomis. Badan usaha milik desa (bumdes) desa karangjati membuat peta desa yang menjual pertamax dan pertalite.

Selain pertadesa, bumdes jati mandiri telah mempunyai usaha bidang internet desa, percetakan, pamsimas, dan air isi ulang.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, secara langsung meresmikan usaha pertadesa ini. Dirinya mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk suksesnya pengelolaan dana desa yang berdaya guna bagi masyarakat.

Sementara kepala desa Karangjati, Tihar, menjelaskan pertadesa ini hasil kerjasama dengan pihak ke 3 dari Jakarta selaku investor. Harga perliter yang ditawarkan juga selisih 300 - 400 rupiah lebih mahal dari harga SPBU pada umumnya.

Bumdes yang ada di desa ini merupakan salah satu contoh mendapatkan tambahan uang untuk kesejahteraan masyarakat yang dikelola bersama-sama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x