Kompas TV regional berita daerah

Yuk Intip Aktivitas Napi di Rumah Tahanan Kolaka

Kompas.tv - 16 September 2020, 00:34 WIB
Penulis : Herwanto

KOLAKA, KOMPAS.TV-

Menghabiskan waktu hari demi hari di dalam rumah tahanan (rutan) dengan berbagai keterbatasan sangat mungkin terasa sangat membosankan. Mungkin lain pula yang dirasakan para narapidana rutan kelas II B Kolaka.
Sembari menunggu waktu bebas dari bui, sejumlah narapidana rutan Kolaka diajarkan keterampilan mulai dari membuat miniatur kapal, masjid, merakit mesin motor, hingga belajar membaca dan menulis.

Ya, para narapidana (napi) di Rumah Tahanan Kelas II B Kolaka, Sulawesi Tenggara, para napi diajarkan keterampilan kemandirian. Dalam pelatihan ini mereka dibagi menjadi beberapa kelompok untuk belajar keterampilan yang bisa menjadi modal ketika bebas dari rumah tahanan.
Untuk bidang keterampilan mereka diberikan bimbingan seperti membuat kerajinan tangan berupa miniatur kapal Pinisi khas Kabupaten Nulukumba, Sulawesi Selatan, yang dibuat dari stik es krim.
Ada pula bimbingan keterampilan perbengkelan, dengan belajar merakit dan memperbaiki mesin motor.

Di bidang pertanian dan perkebunan, kelompok napi diberikan pemahaman dalam bercocok tanam. Tentunya agar setelah bebas nanti para napi bisa berkebun dengan baik dan benar.
Satu kelompok yang unik adalah kelompok napi yang belajar baca tulis. Pasalnya, kelompok ini didominasi oleh napi yang sudah berusia tua, namun belum tahu tentang baca tulis. Satu per satu dari mereka harus mengenal huruf abjad dari A hingga Z,  serta belajar menulis di papan tulis.

Narapidana di Rutan kelas IIB Kolaka memang sengaja dibangun kepribadiannya untuk memacu keterampilan dan keahlian masing-masing narapidana. Harapannya saat bebas dari tahanan  para napi ini sudah memiliki keterampilan untuk dikembangkan menjadi salah satu sumber penghasilan yang lebih baik, dan bahkan mungkin malah dapat membuka lapangan pekerjaan nantinya ketika bebas dari rutan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x