Kompas TV nasional politik

Sekda DKI Jakarta Saefullah Terkonfirmasi Positif Covid-19, Anies Baswedan Tunjuk Plh

Kompas.tv - 15 September 2020, 22:21 WIB
sekda-dki-jakarta-saefullah-terkonfirmasi-positif-covid-19-anies-baswedan-tunjuk-plh
Sekda DKI Jakarta Saefullah saat diwawancara oleh wartawan di Balai Kota Jakarta (12/2/2020) (Sumber: KOMPAS.COM/ NURSITA SARI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekda DKI Jakarta Saefullah terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk mengisi kekosongan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk Sri Suharti sebagai pelaksana harian (Plh).

"Dr Saefullah M.Pd tidak dapat melaksanakan tugas kedinasan dikarenakan sedang menjalani perawatan di rumah sakit dari tanggal 14 September 2020. Dengan ini memerintahkan kepada Dr Sri Haryati, melaksanakan tugas sebagai plh Sekretaris Daerah," tulis Anies dalam surat perintah tugasnya, Selasa (15/9/2020), dikutip dari Kompas.com.

Sri Suharti merupakan Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Sri mengisi jabatan Plh Sekda DKI Jakarta Senin 14 September 2020, sampai Saefullah bisa melaksanakan tugas kembali.

Baca Juga: Instruksi Sekda DKI Jakarta Kepada Kantor Pemerintahan Agar Berlakukan WFO 50 Persen

Sebagai Plh Sekda DKI, kata Anies, Sri tidak memiliki kewenangan untuk mengambil atau menetapkan keputusan atau tindakan yang bersifat strategis.

Antara lain penetapan perubahan rencana strategis, rencana kerja pemerintah, dan perubahan status hukum kepegawaian (pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pegawai).

"Dikecualikan atas izin Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dapat menjalankan tugas sebagaimana pejabat definitif melaksanakan tugasnya sehari-hari," kata Anies.

Sekda DKI Jakarta & Wali Kota Jakbar Positif Covid-19

Sebelumnya kabar Sekda DKI Jakarta Saefullah terkonfirmasi positif Covid-19 telah dibenarkan oleh Gubernur DKI Jakarta.

"Kita berharap, mudah-mudahan cepat pulih. Tapi (Sekda Saefullah) tanpa gejala," kata Anies.

Selain Sekda, Anies juga membenarkan Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto terpapar Covid-19. Saefullah dan Uus sama-sama tanpa gejala.

Kini keduanya menjalani perawatan di rumah sakit untuk pemulihan.

Baca Juga: Anies Keluarkan Kepgub: PSBB di Jakarta Bisa Diperpanjang hingga 11 Oktober 2020

Anies mengajak seluruh jajaran di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk mendoakan.

"Saya mengajak pada semua, pada seluruh jajaran dan keluarga untuk meluangkan waktu, benar-benar luangkan waktu bersama keluarga untuk mendoakan saudara kita, mendoakan Pak Sekda, Bapak Saefullah yang saat ini sedang dalam perawatan intensif melawan Covid-19," ucap Anies dalam pesannya, Senin (14/9/2020).

Selain kepada Saefullah, Anies berharap agar seluruh masyarakat bisa mendoakan pasien Covid-19 lainnya yang kini sedang dirawat.

"Saya ingin mengajak pada seluruh jajaran pemprov DKI untuk mendoakan warga Jakarta yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit, khususnya yang terpapar Covid-19," kata dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x