Kompas TV internasional kompas dunia

Hidangan Menjijikan Yang Digemari Penduduk Greenland

Selasa, 15 September 2020 | 14:23 WIB
hidangan-menjijikan-yang-digemari-penduduk-greenland
Burung Auks yang dimasukan ke dalam perut anjing laut dan disimpan berbulan-bulan serta dikonsumsi mentah ini merupakan makanan favorit suku Inuit di Greenland (Sumber: acidcow.com)

Penulis : Agung Pribadi

Greenland - Kompas TV - Bagi suku Inuit yang tinggal di wilayah Greenland, Kiviak adalah merupakan salah satu makanan favorit. Bahkan hidangan ini amat ditunggu pada momentum khusus seperti pesta ulang tahun, pernikahan atau pun dalam upacara keagamaan.

Kiviak adalah makanan berupa Auks atau sejenis burung laut kecil yang dibusukan, atau difermentasikan ke dalam perut anjing laut yang telah dibuang organ dalamnya selama berbulan-bulan, bisa 3 bulan atau bahkan mencapai 18 bulan.

Karena disimpan dalam waktu yang cukup lama, maka tak heran bila Kiviak ini memiliki bau tak sedap yang menyengat serta bentuk tampilan yang kurang sedap dipandang.

Hidangan unik ini tidak dibakar, digoreng atau dibuatkan kuah yang gurih melainkan dimakan mentah begitu saja tanpa diiringi oleh bumbu masakan lain.

Konon rasanya ada kemiripan dengan rasa keju yang telah matang. Masyarakat Greenland sendiri mengkonsumsinya dengan cara menggigit kepala burung kemudian menyedot cairan yang terdapat di dalamnya.

Barangkali jenis makanan ini masih dikatakan wajar, mengingat lokasinya yang berada di Samudera Atlantik bagian utara dan dekat dengan kutub utara. Dimana mereka harus memiliki stok makanan yang cukup selama musim dingin dengan mengumpulkan berbagai jenis tangkapan yang mereka bisa dapatkan di luar sana.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x