Kompas TV internasional kompas dunia

WHO: Vaksin Bukan Akhir dari Pandemi

Selasa, 15 September 2020 | 03:25 WIB
who-vaksin-bukan-akhir-dari-pandemi
Bagian luar Gedung World Health Organization (WHO) di Jenewa, Swiss, 6 Februari 2020. (Sumber: REUTERS/Denis Balibouse)

KOPENHAGEN, KOMPAS.TV- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan bahwa ditemukannya vaksin bukanlah akhir dari pandemi Covid 19. Warga dunia harus tetap mengadaptasi kebiasaan baru untuk hidup bersama pandemi ini.

“Saya mendengar sepanjang waktu: Vaksin akan menjadi akhir pandemic. Tentu saja tidak!,” ujar Direktur WHO Eropa Hans Klunge kepada AFP, Senin (14/9/2020), dikutip dari Channel News Asia.

Ia melanjutkan, vaksin kemungkinan tidak akan membantu semua kelompok manusia di dunia. Vaksin dapat membantu satu kelompok manusia, tapi tidak kelompok yang lain.

“Dan kemudian, jika kami harus memesan vaksin yang berbeda, ini adalah mimpi buruk logostik,” ujar Klunge.

Menurut Klunge, akhir dari pandemi ini adalah ketika kita sebagai komunitas akan belajar bagaimana hidup bersama pandemi ini. Pada akhirnya, semua kembali pada pola hidup kita di dalam masyarakat.

Klunge menambahkan, seiring dengan kemajuan penelitian, pengetahuan tentang virus corona saat ini masih belum sempurna. Sehingga keputusan pemerintah dibuat dengan gambaran tidak lengkap.

“Di sejumlah negara kami melihat situasi politik menimpa para ilmuwan. Di sejumlah negara lain, kami melihat orang-orang meragukan sains dan itu sangat berbahaya,” ujarnya.

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:45
KUASA HUKUM SUGI NUR RAHARDJA BERENCANA AJUKAN PENANGGUHAN KLIENNYA KE POLISI   BOM BUNUH DIRI DI SEBUAH PUSAT PENDIDIKAN DI IBU KOTA AFGHANISTAN, KABUL, MENEWASKAN 24 REMAJA   RAJA MALAYSIA SULTAN ABDULLAH AHMAD SHAH DAN ANGGOTA KERAJAAN BAHAS PERMINTAAN PM MUHYIDDIN YASSIN   POLRES METRO JAKBAR SITA SENJATA TAJAM SEBAGAI BARANG BUKTI 13 ORANG YANG DITANGKAP KARENA TAWURAN DI GREEN GARDEN   POLRES METRO JAKARTA BARAT TANGKAP 13 PEMUDA YANG TAWURAN DI JALAN PANJANG GREEN GARDEN, KEBUN JERUK   KETUA TAGANA PANGANDARAN, JAWA BARAT, MENGATAKAN BELASAN RUMAH RUSAK PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 5,9   DIRLANTAS POLDA LAMPUNG MENGATAKAN DARI 17 AREA ISTIRAHAT DI TOL TRANS-LAMPUNG HANYA 9 YANG BEROPERASI   ANTREAN PADAT, PT KAI DAOP 1 JAKARTA IMBAU CALON PENUMPANG KERETA TIDAK TES CEPAT COVID-19 DI STASIUN KEBERANGKATAN   KAHUMAS PT KAI DAOP 1 JAKARTA SEBUT LONJAKAN PESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH KEBERANGKATAN 27-28 OKTOBER MENINGKAT   KPU KABUPATEN SEMARANG SEBUT DEBAT TERBUKA PASLON CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI DILAKSANAKAN PADA 10 NOVEMBER 2020   KEMENKES PERIKSA 33.797 SPESIMEN KORONA HARI INI   SATGAS PENANGANAN COVID-19: TAMBAH 94, PASIEN KORONA MENINGGAL MENCAPAI 13.299   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT 4.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DARI VIRUS KORONA HARI INI   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT ADA 3.732 KASUS BARU KORONA PADA 25 OKTOBER 2020