Kompas TV regional berita daerah

Aksi Pungut Sampah di Sungai

Senin, 14 September 2020 | 19:17 WIB

MALANG-KOMPAS.TV- Prihatin dengan semakin parahnya pencemaran lingkungan khususnya di aliran sungai, sekelompok aktivis di Kota Malang meenggelar kegiatan memungut sampah di aliran sungai Brantas, kawasan Kebalen Wetan Kota Lama Malang, minggu (13/09/2020).

Beberapa aktivis memilah dan mengangkut sampah yang dibuang oleh warga sekitar.

Tidak hanya di bibir sungai, aktivis dari Trash Control Community (TCC)  juga turun ke sungai untuk memungut sampah yang tersangkut.

Menurut salah satu aktivis yang turut terlibat dalam kegiatan ini, Ziadatur Rizkia, sampah plastik dan sterofom cukup mendominasi di aliran sungai brantas ini.

“Dari beberapa kali penelitian yang dilakukan, pencemaran mikroplastik di sungai brantas cukup parah” ujar Ziadatur.

Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Joao, menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh TCC.

“Meski memiliki Perda dan adanya sanksi bagi warga yang membuang sampah di sungai, namun dalam penerapannya masih belum maksimal” kata Joao yang juga ikut melakukan aksi memungut sampah tersebut.

Selain aksi pungut sampah, dalam kegiatan ini juga dilakukan kampanye untuk tidak membuang sampah di sungai dengan membentangkan poster di sungai Brantas.

#sampahsungai #sungaibrantas

Editor : KompasTV Malang



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Perempuan Dan Rempah Sumsel

Kamis, 29 Oktober 2020 | 02:22 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:46
PERINGATI SUMPAH PEMUDA, MENKEU SRI MULYANI MINTA GENERASI MUDA BAHU-MEMBAHU BANGUN BANGSA   WALI KOTA SURABAYA TRI RISMAHARINI BERHARAP PEMUDA PERERAT KEBERSAMAAN DAN LAWAN KEMISKINAN   WALI KOTA BOGOR MINTA ASN YANG KE LUAR KOTA SELAMA LIBUR PANJANG LAKUKAN TES USAP DAN KARANTINA MANDIRI   BPOM PASTIKAN VAKSIN COVID-19 AMAN SEBELUM BERI IZIN EDAR   KLHK: PENATAAN SARANA DAN PRASARANA WISATA DI PULAU RINCA TETAP PATUHI KAIDAH KONSERVASI   KPAI MINTA DISDIK TINDAK TEGAS GURU DI DKI JAKARTA YANG AJAK SISWA PILIH KETUA OSIS SEAGAMA   MEGAWATI SOEKARNOPUTRI MENGAKU KESAL ISU PKI DIGUNAKAN UNTUK MEMBOHONGI RAKYAT   MEGAWATI SOEKARNOPUTRI: ZAMAN GINI MASIH NGOMONGIN PKI, BUKTIKAN DONG   POLRI IMBAU MASYARAKAT TETAP DI RUMAH SELAMA LIBUR PANJANG UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   DANIEL MANANTA: KSP DIBERI SEPEDA KARENA MENDUKUNG PRODUK DALAM NEGERI, JANGAN JADI POLEMIK   MOELDOKO: DIREKTUR GRATIFIKASI KPK SYARIF HIDAYAT MENYATAKAN PEMBERIAN KEPADA LEMBAGA TIDAK MASUK GRATIFIKASI   MOELDOKO MENGAKU SUDAH BERKONSULTASI DENGAN KPK PERIHAL SEPEDA LIPAT DARI DANIEL MANANTA   MOELDOKO: SEPEDA DARI DANIEL MANANTA DIBERIKAN UNTUK PERAYAAN KEGIATAN HARI SUMPAH PEMUDA YANG DIGELAR OLEH KSP   KEPALA STAF KEPRESIDENAN MOELDOKO KLARIFIKASI SEPEDA LIPAT DARI DANIEL MANANTA BUKAN UNTUK PRESIDEN JOKOWI