Kompas TV regional berita daerah

Aksi Pungut Sampah di Sungai

Kompas.tv - 14 September 2020, 19:17 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG-KOMPAS.TV- Prihatin dengan semakin parahnya pencemaran lingkungan khususnya di aliran sungai, sekelompok aktivis di Kota Malang meenggelar kegiatan memungut sampah di aliran sungai Brantas, kawasan Kebalen Wetan Kota Lama Malang, minggu (13/09/2020).

Beberapa aktivis memilah dan mengangkut sampah yang dibuang oleh warga sekitar.

Tidak hanya di bibir sungai, aktivis dari Trash Control Community (TCC)  juga turun ke sungai untuk memungut sampah yang tersangkut.

Menurut salah satu aktivis yang turut terlibat dalam kegiatan ini, Ziadatur Rizkia, sampah plastik dan sterofom cukup mendominasi di aliran sungai brantas ini.

“Dari beberapa kali penelitian yang dilakukan, pencemaran mikroplastik di sungai brantas cukup parah” ujar Ziadatur.

Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Joao, menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh TCC.

“Meski memiliki Perda dan adanya sanksi bagi warga yang membuang sampah di sungai, namun dalam penerapannya masih belum maksimal” kata Joao yang juga ikut melakukan aksi memungut sampah tersebut.

Selain aksi pungut sampah, dalam kegiatan ini juga dilakukan kampanye untuk tidak membuang sampah di sungai dengan membentangkan poster di sungai Brantas.

#sampahsungai #sungaibrantas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x