Kompas TV nasional update corona

Jokowi: Jangan Bandingkan Penanganan Corona di Indonesia dengan Negara Non-kepulauan!

Kompas.tv - 14 September 2020, 18:42 WIB
jokowi-jangan-bandingkan-penanganan-corona-di-indonesia-dengan-negara-non-kepulauan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju tampak tak menggunakan masker saat rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/8/2020). (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta Indonesia tak dibanding-bandingkan dengan negara lain dalam penanganan Covid-19.

Jokowi menyebut bahwa kondisi geografis Indonesia yang bebentuk kepulauan berbeda dengan negara lain.

"Saya ingatkan bahwa negara kita adalah negara kepulauan, bahwa Indonesia adalah negara kepulauan. Karena itu pemahaman Covid sangat penting untuk menangani pandemi Covid di negara kita Indonesia. Tidak bisa dibandingkan dengan negara lain yang bukan kepulauan," kata Jokowi dalam rapat terbatas penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/9/2020).

Baca Juga: Jokowi Minta Percepat Penyaluran Insentif Ekonomi Cash dan Transfer

Maka dari itu, Jokowi meminta Menteri Kesehatan (Menkes) serta Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional bekerja keras untuk menekan laju penularan Covid-19 agar tidak terus menyebar.

Mantan Wali Kota Solo Jokowi ini juga meminta kepala daerah tak serta-merta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total.

Ia memberikan saran kepada kepala daerah untuk lebih mengedepankan pembatasan sosial berskala mikro atau lokal. Ia meminta kepala daerah bekerja berbasis data yang detail dalam menekan laju penularan Covid-19.

Dengan demikian, ia menginginkan kepala daerah memperhatikan persebaran Covid-19 dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, kota/kabupaten, hingga provinsi.

"Tidak semua kelurahan, tidak semua desa, tidak semua kecamatan juga mengalami hal yang sama, (tidak) merah semuanya. Ada yang hijau, ada yang kuning, itu memerlukan treatment yang berbeda," tutur Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Jangan Buru-buru Tutup Sebuah Kota, Kerja Berbasis Data

Jokowi meyakini pengambilan kebijakan berdasarkan data berjenjang seperti itu akan menghasilkan keputusan yang tepat. Alhasil, aktivitas perekonomian di tempat yang tidak berzona merah tetap berjalan sehingga masyarakat tetap bisa mendapat penghasilan. Ia meyakini strategi pembatasan sosial berskala lokal lebih efektif dibandingkan dengan PSBB yang mencakup keseluruhan wilayah.

#Jokowi #Corona #Covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x