Kompas TV regional berita daerah

Siswa Seberangi Sungai dengan Jembatan Bambu untuk Sampai ke Sekolah

Senin, 14 September 2020 | 17:05 WIB

BULUKUMBA, KOMPAS.TV - Seorang guru di Bulukumba, Sulawesi Selatan, harus menempuh jarak hingga 25 kilometer demi mengajar di sebuah Madrasah Aliyah.

Akses jembatan antardesa yang belum ada, jadi kendala pembelaran di tempat ini.

Tak hanya guru, sejumlah siswa pun harus berjuang demi bisa belajar.

Kala pagi tiba, semangat dan khawatir menjadi bekal bagi sejumlah siswa yang ingin menuntut ilmu di Madrasah Aliyah Guppi Kindang, kecamatan Kindang, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Mengapa tidak, dengan hati-hati para siswa harus mendaki dan menyeberangi jembatan buatan warga yang berbahaya dan licin, hanya untuk bisa belajar.

Akses jembatan ini merupakan jalan pintas bagi siswa untuk menuju sekolah mereka.

Sementara Nurul, guru Madrasah Aliyah Guppi Kindang, juga harus menempuh jalur yang panjang demi sebuah pengabdian.

Jalan jauh nan berliku, jadi tantangan kala hendak berbagi ilmu di Madrasah Aliyah Guppi Kindang.

Nurul tinggal di Desa Sapobonto, yang berseberangan dengan Desa Kindang. Akses jembatan yang tak ada, membuatnya harus memilih jalur memutar sejauh 25 kilometer.

Sekolah terpusatkan di Desa Kindang. Warga desa sekitar, yang ingin menuntut ilmu tak punya pilihan, harus menempuh jalur dengan medan yang sulit.

Pembangunan jembatan antar-desa yang aman dan layak jadi harapan bagi warga desa di Kecamatan Kindang untuk beraktivitas, terutama untuk menuntut ilmu. 

Penulis : Dea Davina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:03
PTPN III BERI APRESIASI ATAS TERCAPAINYA KESEPAKATAN RESTRUKTURISASI KEUANGAN YANG DILAKUKAN KEMENTERIAN BUMN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT RESTRUKTURISASI KEUANGAN PTPN SUDAH RAMPUNG   KEMENTERIAN BUMN YAKINKAN LEBIH DARI 50 KREDITOR UNTUK RESTRUKTURISASI PINJAMAN PTPN III HINGGA RP 41 TRILIUN   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA    PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DORONG KEMENTERIAN PPPA, KPAI, BPS PETAKAN DAERAH YANG BANYAK PERKAWINAN ANAK   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   MENTERI PPPA DORONG FORUM ANAK DAPAT DIBENTUK HINGGA KE TINGKAT KECAMATAN DAN DESA