Kompas TV internasional kompas dunia

Yoshihide Suga Terpilih Sebagai Perdana Menteri Jepang

Kompas.tv - 14 September 2020, 16:02 WIB
yoshihide-suga-terpilih-sebagai-perdana-menteri-jepang
Yoshihide Suga menang telak dalam pemungutan suara dan akan menggantikan Shinzo Abe sebagai Perdana Menteri Jepang. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Tussie Ayu

TOKYO, KOMPAS,TV- Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga, memenangkan pemilihan presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) pada Senin (14/09/2020). Dengan demikian Suga akan menggantikan Shinzo Abe sebagai Perdana Menteri Jepang.

Pelantikan Suga sebagai Perdana Menteri rencananya akan dilaksanakan pada Rabu mendatang. Ini akan menjadi pergantian Perdana Menteri pertama di Jepang dalam delapan tahun terakhir.

Seperti dikutip dari Japantimes, terpilihnya Suga merupakan puncak dari kampanye yang dilakukan selama satu minggu untuk memilih pucuk pimpinan pemerintahan di Negeri Sakura.

Baca Juga: Mantan Tangan Kanan Shinzo Abe Jadi Kandidat Kuat Perdana Menteri Jepang

Selama ini, Suga dikenal sebagai tangan kanan Abe. Suga melesat ke puncak pemilihan setelah faksi LDP arus utama dengan cepat membentuk konsesus.

Diperkirakan kemenangan Suga didasari oleh pilihan masyarakat yang menginginkan kebijakan berkesinambungan, bukan perubahan kebijakan yang tiba-tiba.

Suga mengambil alih kepemimpinan Jepang pada saat ekonomi Jepang kritis karena dilanda pandemi.

Jalan terjal dan berliku akan dihadapi Suga selama masa kepempinannya. Namun para pengamat memperkirakan, tidak akan ada perubahan kebijakan ekstrem yang akan dilakukan Suga selama masa kepemimpinannya. Dia akan melanjutkan kebijakan moneter Abenomics untuk melindungi pekerja dan perusahaan selama masa pandemi.

Baca Juga: Harapan Jokowi untuk PM Jepang Shinzo Abe yang Mengundurkan Diri

Suga merupakan putra seorang petani stroberi dari Prefektur Akita. Dia memulai karir politiknya sebagai sekretaris anggota Majelis Rendah. Sebelumnya dia telah banyak mendapat perhatian publik selama masa jabatannya sebagai kepala juru bicara pemerintah.

Sebelumnya, Perdana Menteri Shinzo Abe mengundurkan diri pada Jumat (28/9/2020) lalu karena alasan kesehatan.

Abe menderita radang usus besar atau colitis ulseratif kronis yang sudah dialaminya sejak remaja. Namun tahun ini, tepatnya pada bulan Juni lalu, penyakit kronis itu kembali menyerang Abe.

Ia mengaku telah menjalani serangkaian pengobatan. Pengobatan yang dijalaninya saat ini mengaharuskan pria berusia 65 tahun itu fokus pada kesehatannya, dan ia pun memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri.

Baca Juga: Profil Shinzo Abe PM Jepang yang Mengundurkan Diri Karena Sakit



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x