Kompas TV bisnis kompas bisnis

Soal IHSG, Pandemi Corona dan PSBB Jakarta Jilid 2, Ini Penjelasannya

Senin, 14 September 2020 | 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Angka penyebaran covid 19 yang semakin tinggi di Ibu Kota, membuat Pemerintah DKI Jakarta kembali memberlakukan PSBB.

Meski tak seketat PSBB di bulan Maret, namun keputusan Pemerintah DKI Jakarta sempat membuat shock pelaku pasar hingga akhirnya hengkang dari pasar saham.

Pada 10 september saat gubernur dki jakarta mengumumkan PSBB, pasar saham anjlok hingga 5 persen.

Sesuai aturan,jika saham turun 5 persen, maka otoritas bursa akan langsung mengentikan perdagangan atau trading halt.
Pemberhentian perdagangan bursa diberlakukan selama 30 menit.

Trading halt harus diberlakukan agar kejatuhan bursa bisa sedikit ditopang dan tak semakin dalam.

Kebijakan ini juga harus dilakukan agar pelaku pasar tak panik. Karena jika pelaku pasar paniik dan kejatuhan pasar saham semakin dalam maka dampaknya bisa sisitemik, pelaku pasar menjadi panik dan menjual saham dengan tak rasional.

Sepanjang penanganan pandemi covid 19, ihsg sudah 7 kali kena trading halt. Terbanyak tentu di bulan maret saat psbb total diberlakukan di ibu kota Jakarta.

Sebagai pusat bisnis dan pemerintahan, pelaku pasar khawatir jantung ekonomi akan berhenti.

Total selama 6 bulan, dan asing yang keluar dari bursa sudah mencapai 32,2 triliun.

Saham-saham apa yang masih cocok dibeli saat PSBB DKI Jakarta

Simak dialog selengkapnya bersama Alfred Nainggolan, Kepala Riset Praus Capital yang akan membahas "wfh stocks" alias saham-saham work from home".
 

Editor : Anjani Nur Permatasari



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:14
HARI INI, KEMENKES PERIKSA 40.572 SPESIMEN COVID-19   MENDIKBUD MENCATAT 15.000 MAHASISWA MENJADI SUKARELAWAN MITIGASI COVID-19   POLISI KEMBALI PANGGIL PEGAWAI KEJAKSAAN AGUNG YANG MENJADI TERSANGKA KASUS KEBAKARAN   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT 3.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DALAM 24 JAM TERAKHIR   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 4.029 KASUS BARU HARI INI   PRESIDEN JOKOWI BERTERIMA KASIH KEPADA PUTRA MAHKOTA ABU DHABI MOHAMED BIN ZAYED KARENA NAMANYA DIJADIKAN NAMA JALAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH JELASKAN URGENSI PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH LIBATKAN PEGIAT LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   WALI KOTA SOLO FX RUDYATMO BERHARAP TAK ADA PHK KARYAWAN SETELAH PEMERINTAH PUSAT TIDAK NAIKKAN UPAH MINIMUM   WAPRES MA'RUF AMIN MENILAI PILKADA TETAP DIGELAR UNTUK PENUHI HAK KONSTITUSI RAKYAT   KETUA DPR PUAN MAHARANI BERHARAP GENERASI MUDA BISA MENJADI PILAR KEBANGKITAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA DESTINASI WISATA ANTISIPASI KLASTER LIBUR PANJANG   SATGAS PENANGANAN COVID-19 BERHARAP MAHASISWA IKUT MENYADARKAN MASYARAKAT SOAL ANCAMAN COVID-19   NAWAWI POMOLANGO: DENGAN PERPRES SUPERVISI, TAK ADA LAGI PENEGAK HUKUM YANG TIDAK BEKERJA SAMA DENGAN KPK