Kompas TV regional berita daerah

Perjuangan Guru Seberangi 9 Anak Sungai Demi Datangi Rumah Siswa

Kompas.tv - 12 September 2020, 11:31 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Sejumlah Guru di Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango Gorontalo rela berjalan kaki menuju rumah siswa yang jaraknya mencapai 6 kilometer menuju Dusun Waolo Desa Molotanu, demi mengajar kepada siswa karena tidak ada jaringan internet dan ponsel untuk belajar daring.

Jarak jauh harus ditempuh oleh guru karena siswa tersebut merupakan siswa kelas jauh di SMP 10 Kabila Bone

Tak hanya menempuh jarak yang jauh, medan yang di tempuh sejumlah guru ini cukup membahayakan, karena selain harus melewati pegunungan, sejumlah guru juga harus melewati 9 anak sungai untuk sampai ke rumah siswa.

Perjalanan yang memakan waktu 2 jam lebih ini, membuat masing masing gurupun harus membawa bekal berupa makanan dan minuman untuk di makan di saat sedang beristirahat.

Sejumlah guru ini dengan penuh ke ikhlasan  mengabdikan diri untuk memberikan ilmu mereka di tempat terpencil karena warga di dusun waolo sulit mendapatkan pendidikan.

Aisya Raima salah satu Guru Honorer SMP Negeri 10 Kabila Bone mengungkapkan sebelumnya, di dusun ini banyak anak yang putus sekolah, namun setelah adanya sekolah kelas jauh anak di dusun ini bisa melanjutkan sekolahnya.

Tempat tinggal siswa yang masuk di dusun terpencil ini membuat mereka juga minim mendapatkan informasi tentang bahaya Covid-19. namun dengan sosialisasi dari guru, siswa dan warga setempat mulai memahami bahaya Covid -19 meksipun belum terbiasa memakai makser.

 

#Perjuanagn Guru  #Kelas Jauh  #Demibelajar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x