Kompas TV nasional sosial

Saat MUI Minta Fatwa ke Doni Monardo

Kompas.tv - 12 September 2020, 04:30 WIB
saat-mui-minta-fatwa-ke-doni-monardo
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (Sumber: Komunikasi Kebencanaan/Danung Arifin - BNPB)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Biasanya Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberi dan mengeluarkan fatwa, kini malah meminta fatwa. Lucunya, MUI meminta fatwa ke Doni Monardo selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19.

Namun jangan salah, fatwa yang diminta bukanlah fatwa yang menjadi ranah MUI. Melainkan saran protokol kesehatan, karena MUI berencana menggelar Musyawarah Nasional (Munas) X tanggal 25-28 November 2020, dengan salah satu agenda, pemilihan Ketua Umum MUI.

Permintaan fatwa ini terjadi dalam audiensi virtual antara MUI dengan Doni Monardo yang berlangsung dengan suasana yang cair, Jumat (11/9/2020).

Baca Juga: Pemerintah Akan Gelar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan

Doni pun menyanggupi untuk memberi fatwa atau saran ke MUI yang akan menggelar Munas X di ballroom Hotel Sultan Jakarta yang berkapasitas 1.000 orang.

"Ini bukan fatwa ya. Tapi, momen Munas MUI bisa kita jadikan role model bagi organisasi-organisasi lain yang hendak mengadakan hajat besar organisasi,” kata Doni mengawali.

Kata Doni, pertama, berhubung Munas MUI digelar dalam suasana pandemi, maka tak ada tawar-menawar, protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat.

Memakai masker dan face shield, jaga jarak, serta cuci tangan memakai sabun, harus dilakukan seluruh peserta Munas MUI tanpa terkecuali.

Kedua, ruang berkapasitas 1.000 di ballroom Hotel Sultan, maksimal hanya boleh dihadiri 500 orang atau sepertiga kapasitas.

Ketiga, Satgas Covid-19 akan membantu pelaksanaan protokol kesehatannya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x