Kompas TV bisnis kompas bisnis

Memungut Pajak Digital, Potensi Pemasukan Rp 5 Triliun Lebih

Jumat, 11 September 2020 | 14:48 WIB

KOMPAS.TV - Demi menambah pundi-pundi pendapatan negara, pemerintah terus mencari sektor apa saja yang bisa digali potensinya untuk penerimaan pajak.

Sektor digital sudah diincar sejak beberapa tahun lalu. Dan tahun 2020 ini pemerintah merealisasikan keinginannya memungut pajak digital.

Sejak Agustus 2020, sudah ada yang dikenai Pajak Pertambahan Nilai atau PPN 10 persen dan terbagi dalam tiga gelombang.

Perusahaan yang dikenai pajak sangat erat dengan kehidupan masyarakat modern saat ini. Mulai dari perusahaan layanan streaming film dan musik, media sosial, layanan rapat online, hingga belanja online.

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menyatakan sebenarnya kebijakan pajak ini sudah dilakukan sejak lama. Namun, dulu mekanismenya langsung ke konsumen.

Hal tersebut dianggap tidak efektif hingga sekarang sistemnya diubah pajak dipungut langsung ke perusahaan.

Penerimaan pajak digital ini berpotensi bisa menambah pemasukan negara di atas Rp 5 triliun.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.

Penulis : Christandi Dimas





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:31
KSAD: 4 JENDERAL TNI AD KAWAL KASUS PENGEROYOKAN ANGGOTA KOPASSUS DI JAKARTA SELATAN PADA MINGGU, 18 APRIL 2021   PEMERINTAH TERUS KEMBANGKAN RISET TENTANG PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI (PLTP) SKALA KECIL   POLISI BANTAH ISU KEBAKARAN DI TAMAN SARI DILAKUKAN DENGAN SENGAJA YANG DIPICU PERTENGKARAN SUAMI ISTRI   PRESIDEN JOKOWI: SAYA DUKUNG RISET VAKSIN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TIDAK INGIN LARUT DALAM POLEMIK TERKAIT TERAPI SEL DENDRITIK   MENRISTEK: PEMERINTAH SIAPKAN PENGEMBANGAN ENERGI NUKLIR UNTUK LISTRIK MASA DEPAN   PEMERINTAH MEMPERSIAPKAN PENANGANAN SEKITAR 40.000 PEKERJA MIGRAN YANG AKAN MUDIK KE TANAH AIR   MENKO PMK: DIBANDINGKAN TAHUN LALU, PEMBATASAN PERGERAKAN 2021 DI MASA PANDEMI COVID-19 LEBIH LELUASA   HARI INI, MENDAG LEPAS EKSPOR PRODUK SISTEINA DARI PASURUAN, JATIM, KE AMERIKA SERIKAT SENILAI USD 800.000   KSAD JENDERAL ANDIKA PERKASA MENGAKUI KASUS PRAJURIT DESERSI ATAU MENINGGALKAN DINASNYA SERING TERJADI   FRAKSI PDI-P DPRD DKI MINTA RUMAH MENLU PERTAMA ACHMAD SOEBARDJO DIJADIKAN CAGAR BUDAYA   JUBIR KEMENKOMINFO DEDY PERMADI: UJARAN KEBENCIAN YANG DILONTARKAN JOZEPH PAUL ZHANG TIDAK DAPAT DITOLERANSI   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: TEKAN ANGKA IMPOR, PENGEMBANGAN BAHAN BAKAR DARI KELAPA SAWIT TERUS DILANJUTKAN   PEMERINTAH TERUS KEMBANGKAN RISET TENTANG ENERGI BARU TERBARUKAN