Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pemungutan Pajak bagi E-Commerce, Seberapa Efektif bagi Kas Negara?

Kamis, 10 September 2020 | 21:57 WIB

KOMPAS.TV - Ada 12 perusahaan lagi yang bersiap memungut pajak pertambahan nilai, PPN atas barang dan jasa digital.

Selain perusahaan media sosial dan tekonologi informasi, beberapa di antaranya adalah e-commerce.

Beberapa di antaranya adalah LinkedIn Singapore, Twitter Asia Pacific, Zoom Video Communications, Jingdong Indonesia pertama, dan Shopee International Indonesia.

Direktorat jenderal pajak menyebutkan, per 1 Oktober 2020, jumlah PPN yang harus dibayarkan pelanggan adalah sepuluh persen.

Kebijakan pemerintah menerapkan pajak digital luar negeri di saat ini, disinyalir tepat dan punya potensi besar untuk pemasukan kas negara.

Namun yang menjadi catatan, bagaimana pengawasannya untuk memastikan kepatuhan para perusahaan digital luar negeri, yang dinilai telah memenuhi kriteria memungut pajak pertambahan nilai 10 persen.

Menurut Bawono Kristiaji, Peneliti Pajak di DDTC, tantangan atas penerapan PPN impor produk digital, bahwa bagaimana pengawasan atas kepatuhan dari pihak yang ditunjuk sebagai pemungut PPN tersebut.

“Diperlukan adanya suatu peraturan agar diadakannya sanksi apabila ditemukan ketidakpatuhan dari pihak yang memungut pajak,” kata Bawono.

Penulis : Aleksandra Nugroho





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:50
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   SATGAS NEMANGKAWI: CEPAT ATAU LAMBAT KKB PASTI TERTANGKAP   100 PERSONEL SATGAS NEMANGKAWI HADIR DI DISTRIK BEOGA, PUNCAK, PAPUA, LINDUNGI MASYARAKAT DARI KKB   BUPATI TEGAL UMI AZIZAH MINTA WARGA AMBIL SISI POSITIF DARI LARANGAN MUDIK LEBARAN   KAKORLANTAS POLRI SEBUT JIKA ADA MASYARAKAT YANG NEKAT MUDIK PADA 6-17 MEI 2021 MAKA POLISI AKAN MENINDAK   POLRI AKAN MELAKUKAN PENYEKATAN DI 333 TITIK DI TOL DAN JALAN ARTERI DARI LAMPUNG-BALI SELAMA PELARANGAN MUDIK   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA TEGAS MELARANG WARGA MUDIK GUNA TEKAN ANGKA PENULARAN KORONA   SATGAS COVID-19: LARANGAN MUDIK LEBARAN BERLAKU 6-17 MEI 2021   SATGAS COVID-19 SEBUT PENGEMBANGAN VAKSIN MERAH PUTIH TETAP BERJALAN MESKI KEMENRISTEK DILEBUR DENGAN KEMENDIKBUD   MASIH BERSTATUS ZONA ORANYE, PEMKOT BOGOR WASPADAI LONJAKAN KASUS COVID-19 SELAMA BULAN PUASA   DIRJEN PAUD KEMENDIKBUD SEBUT DIGITALISASI SEKOLAH BAKAL JADI ARAH PENDIDIKAN INDONESIA HINGGA 2035   MULAI 2022, KEMENDIKBUD AKAN MEMBUAT RAPOR DARING DI BEBERAPA SEKOLAH YANG MASUK DALAM PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK   PEMBANGUNAN PROYEK LITTLE TOKYO JABABEKA DI ATAS LAHAN SELUAS 4,6 HEKTAR DIMULAI AKHIR TAHUN INI   KKP SEBUT LARANGAN EKSPOR BENIH LOBSTER UNTUK MENGGALAKKAN BUDIDAYA LOBSTER GUNA TINGKATKAN EKSPOR LOBSTER