Kompas TV regional berita daerah

Latihan Kemampuan Heli Rapling

Kompas.tv - 10 September 2020, 19:14 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV- Tim search and rescue (SAR) Banda Aceh gelar latihan Heli Rapling di tengah pandemic untuk tingkatkan potensi.

Latihan penyalamatan melalui udara dengan menggunakan helicopter jenis  AS-365 dauphin milik basarna. Latihan yang di selenggarakan di Pangkalan Lanud Blang Bintang Aceh Besar berlangsung sukses.

Latihan ini melibatkan personil terlatih untuk melakukan penyelamatan terhadap korban yang memerlukan evakuasi cepat saat bencana.

Baca Juga: Tujuh Zona Merah DI Aceh

Latihan khusus Heli Rapling, atau teknik turun dari helicopter dengan menggunakan tali melibatkan 20 orang personil SAR Banda Aceh. Penyelamatan melalui udara ini biasanya di lakukan pada kondisi medan yang sulit di jangkau.

Kepala kantor SAR Banda Aceh, Budiono, S.E, M.M menjelaskan bahwa tim ini sudah dibekali kemampuan serta peralatan yang memadai. Selain untuk melatih ketangkasan latihan ini bertujuan untuk menyiapkan personil SAR dalam menghadapi bencana.

“ Heli Rapling atau teknik turun dari helicopter dengan menggunakan tali ini perlu kemampuan khusus yang semestinya juga memerlukan latihan agar lebih siap dan siaga bila nanti di perlukan,” Ujar Budiono.

Simulasi Heli Raplling ini merefresh metode yang pernah dipelajari oleh anggota SAR. Selain untuk meningkatkan keahlian khusus tim SAR, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi potensi SAR di ketinggian, medan sulit serta dapat melakukan pencarian dan pertolongan dilingkungan vertikal dengan cepat, aman dan efisien.

#aceh #sarbandaaceh #latihanheli



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x