Kompas TV entertainment selebriti

Permohonan Tatap Muka Ditolak, Jerinx Walk Out dari Sidang Kasus

Kompas.tv - 10 September 2020, 14:04 WIB
permohonan-tatap-muka-ditolak-jerinx-walk-out-dari-sidang-kasus
Jerinx SID (Sumber: Instagram/@jrxsid)
Penulis : Dian Septina

 JAKARTA, KOMPAS.TV - Sidang perdana perkara ujaran kebencian yang menjerat penggebuk drum band SID, I Gede Ari Astina alias Jerinx, berlangsung panas, Kamis (10/9/2020). Jerinx bersama tim penasehat hukumnya 'walkout' dari persidangan yang berlangsung secara online.

Hal tersebut berawal saat kuasa hukum mengatakan Jerinx ingin menyampaikan sesuatu sebelum sidang. Ketika diberi kesempatan, Jerinx kembali mengungkit soal keengganan pelaksanaan sidang secara daring.

"Jujur saya yang keberatan dengan sidang online karena saya merasa hak-hak saya sebagai warga negara dirampas dan kurang fair jadi saya mohon agar sidang ini ditunda atau dilanjutkan dengan sidang langsung tatap muka," kata Jerinx dalam sidang yang disiarkan secara daring di laman Youtube PN Denpasar, Kamis (10/9/2020).

Merespons permintaan Jerinx, majelis hakim melalui Ketua Hakim, Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi memberikan penjelasan mengenai dasar peraturan mengapa sidang ini digelar dalam jaringan.

"Dalam MoU itu mengatur tentang pelaksanaan secara telekonferensi. Sehingga tetap persidangan dilaksanakan teleconference atau secara online, itu pendapat kami," jelasnya. 

Baca Juga: Minta Sidang Tatap Muka, Jerinx SID Tolak Sidang Online

Jerinx tetap dengan pendiriannya. Pemilik nama lengkap I Geds Ari Astina ini tetap meminta agar sidang digelar secara tatap muka. Jerinx menilai sidang online tidak mewakili haknya sepenuhnya. Ia khawatir hakim mengambil keputusan yang kurang tepat. 

"Sekali lagi mohon maaf, Yang Mulia. Saya tetap menolak sidang dilakukan secara online karena saya merasa hak-hak saya tidak diwakili sepenuhnya dalam sidang ini karena Yang Mulia tidak bisa melihat gestur saya, Yang Mulia tidak bisa membaca tubuh saya sehingga kemungkinan putusan-putusan yang diambil nanti bisa jadi kurang tepat," jelas Jerinx. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x