Kompas TV video cerita indonesia

Inovatif! Belajar Jarak Jauh Menggunakan Siaran Radio

Kompas.tv - 10 September 2020, 10:45 WIB
Penulis : Laura Elvina

MAGELANG, KOMPAS.TV - Beragam cara dilakukan agar pembelajaran sekolah selama masa pandemi covid-19 bisa lancar. Belajar melalui metode daring atau online banyak dilakukan sebagai solusi di tengah pandemi.

Namun sayangnya tidak semua siswa di Indonesia memiliki perangkat pintar atau smartphone dan gadget serta akses internet yang memadai. 

Di Magelang, Jawa Tengah, pemberian materi kepada siswa sekolah dilakukan melalui siaran radio yang tidak membutuhkan akses internet.

Pemerintah Kota Magelang terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan belajar bagi anak sekolah. 

Ini merupakan kolaborasi antara Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistika dengan Dinas Pendidikan Kota Magelang untuk memberikan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran yang dilakukan saat ini adalah siaran radio untuk materi SD dan SMP.

Pembelajaran melalui siaran radio lokal yang dikelola oleh pemerintah daerah tersebut baru dilakukan dalam 3 hari ini.

Dalam satu hari dibuka dua kelas yakni kelas pagi dan kelas sore masing-masing selama 90 menit. Materi pelajaran juga disampaikan langsung oleh guru kelas ataupun guru mata pelajaran.

Menurut Kasi Diseminasi Informasi Diskominsta Kota Magelang, Yuliani, penyampaian melalui siaran radio tersebut berawal dari keprihatinan banyaknya keluhan dari orang tua serta murid, yang kesulitan dalam pembelajaran daring.

Dengan menggunakan radio siswa tidak lagi membutuhkan kuota internet, karena jaringan dari radio saat ini sudah menyebar hingga Kota Magelang dan sekitarnya.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x