Kompas TV nasional sosial

Surya Paloh: Jakob Oetama, Sahabat yang Punya Pemikiran Jauh ke Depan

Kompas.tv - 9 September 2020, 19:23 WIB
surya-paloh-jakob-oetama-sahabat-yang-punya-pemikiran-jauh-ke-depan
Jakob Oetama (Sumber: Youtube KompasTV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Surya Paloh menganggap Jakob Oetama sebagai sahabat yang memiliki pandangan dan pemikiran yang jauh ke depan.

"Pak Jakob memiliki pemikiran-pemikiran yang cukup tajam, brilian," kata CEO Media Group Surya Paloh dalam perbincangan di program Breaking News Kompas TV, Rabu (9/9/2020).

Menurut Surya, referensi dan knowledge yang ada pada Jakob Oetama jauh di atas rata-rata. "Saya harus mengakui dan menyatakan itu."

Sebagai juniornya, kata Surya, dia sering berbeda paham dan pandangan. Pandangan Jakob baru disadarinya sebagai pandangan yang benar ketika seiring berjalannya waktu.

"Kalau dulu saya berbeda pandangan dengan Pak Jakob dalam beberapa hal, sekarang saya lebih memahami, sebenarnya pikiran-pikiran beliau lah yang lebih baik dan tepat pada waktu itu," ungkap Surya.

Jakob, lanjut Surya, melihat dirinya sebagai seorang sahabat yang tidak berbatas apapun. "Saya berpegang teguh pada pemikiran-pemikiran yang pernah beliau utarakan," katanya.

Sebagai seorang sahabat, Jakob sering menghadiri acara-acara Surya Paloh. Jika berhalangan hadir, selalu menyempatkan diri untuk menghubungi Surya Paloh.

"Jujur saja, tidak ada acara saya yang cukup berarti tanpa kehadiran Pak Jakob. Selalu menyempatkan waktu."

"Paling tidak, kalau pun terpaksa tidak hadir, dia selalu menyatakan langsung dengan mengangkat telepon untuk menyatakan ucapan selamat, ucapan maafnya. Itu melambangkan suasana kekerabatan kami yang cukup hangat," tutur Surya.

Dalam kesempatan ini Surya Paloh menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya pendiri Kompas Gramedia dan Pemimpin Umum Harian Kompas.

"Sekali lagi kepada keluarga besar Kompas Gramedia Group, keluarga besar Pak Jakob pribadi, terimalah rasa belasungkawa dari saya beserta keluarga dan seluruh keluarga besar Media Group atas kepulangan dan kepergian Pak Jakob yang cukup memberikan sesuatu yang berarti dalam perjalanan masa hidupnya untuk membangun idealisme, kehadiran pers yang kuat dan kokoh di negeri ini. Selamat jalan Pak Jakob," ujar Surya.

Baca Juga: Malam ini Jenazah Jakob Oetama Disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia

Jakob Oetama Meninggal Dunia
Pendiri Kompas Gramedia dan Pimpinan Umum Harian Kompas Jakob Oetama meninggal dunia di usia 88 tahun.

Pak JO, sapaan karyawan Kompas Gramedia kepadanya, tutup usia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, pukul 13.05 hari ini.

Direktur Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Ronald Reagan menyebut, Jakob Oetama telah dirawat sejak 22 Agustus 2020. Sejak masuk rumah sakit, dia berada dalam kondisi lemah dan kritis.

Jakob Oetama meninggal dunia karena gangguan multiorgan, dan faktor usia.

Jakob Oetama akan dimakamkan pada esok hari di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Namun dia akan disemayamkan terlebih dahulu di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.