Kompas TV klik360 cerita indonesia

Profil Jakob Oetama, Wartawan dan Pendiri Kompas Gramedia Group

Rabu, 9 September 2020 | 13:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jakob Oetama lahir pada 27 September 1931 di Desa Jowahan, sebuah desa yang terletak dekat Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Selama hidupnya, Jakob Oetama pernah menjadi guru SMP Mardi Yuana di Cipanas, Jawa Barat pada tahun 1952. Ia juga pernah menjadi guru di SMP Van Lith di Jakarta pada tahun 1953.

Jakob Oetama juga tercatat sebagai dosen di Jurusan Komunikasi Fisip UI.

Baca Juga: BREAKING NEWS - Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Wafat pada Usia 88 Tahun 

Ia mengawali karir sebagai redaktur mingguan penabur di Jakarta pada tahun 1955, lalu bersama dengan PK Ojong, mendirikan majalah bulanan Intisari pada 1963 dan Harian Kompas pada 1965.

Jakob Oetama menjadi Pemimpin Redaksi Harian Kompas sejak berdiri tahun 1965 hingga tahun 2000.

sejak PK Ojong meninggal tahun 1980, Jakob Oetama merangkap menjadi Pemimpin Umum Kompas dan Kelompok Kompas-Gramedia.

Pernah menjadi anggota DPR-MPR, Jakob Oetama mendapat Anugerah Bintang Mahaputera Utama pada 1973. 

Tak terhitung warisan jurnalistik dari Presiden Direktur Kompas-Gramedia ini.

Baca Juga: Jenazah Jakob Oetama Tiba di Rumah Duka, Keluarga Jalani Misa Requiem

Penulis : Sadryna Evanalia


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:12
PEMBANGUNAN TOL INDRALAYA-PRABUMULIH TELAH MENCAPAI 25%, TARGET TUNTAS 2022   PEMKOT PEKANBARU, RIAU, AKAN TERAPKAN SEKOLAH TATAP MUKA PADA AWAL FEBRUARI 2021   SRI SULTAN HB X PECAT 2 ADIKNYA DARI JABATAN DI KERATON KARENA SUDAH TAK AKTIF SELAMA 5 TAHUN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: INDONESIA TELAH MENGUNCI 600 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19   TIM SAR TERIMA 3 KANTONG SERPIHAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 DARI TNI AL   SERAPAN APBN 2020 KEMENTERIAN PUPR SEBESAR RP 97,4 TRILIUN DARI TOTAL PAGU ANGGARAN RP 103,78 TRILIUN   KOMISI IV DPR MINTA BEA CUKAI HENTIKAN EKSPOR BENIH LOBSTER   TEMUI PIMPINAN KPK, MENPAREKRAF SANDIAGA UNO BAHAS KERJA SAMA PENGELOLAAN ANGGARAN KEMENTERIAN   KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA (KSPI) PROYEKSIKAN 100.000 PEKERJA INDUSTRI BAJA TERANCAM TERKENA PHK   KRISIS AIR BERSIH DI DESA BESOWO, KEDIRI, TERJADI KARENA TEMPAT PENAMPUNGAN AIR DITERJANG BANJIR BANDANG   SEBANYAK 2.363 KELUARGA DI DESA BESOWO, KEDIRI, MENGALAMI KRISIS AIR BERSIH DALAM DUA PEKAN TERAKHIR   WALI KOTA DEPOK M IDRIS SETUJU USULAN SOAL PANDEMI KORONA JABODETABEK DITANGANI PEMERINTAH PUSAT   SIAGA BANJIR, PEMPROV DKI JAKARTA SIAPKAN 487 POMPA   PEMERINTAH PERSIAPKAN 33 HOTEL DI DKI UNTUK KEPERLUAN ISOLASI MANDIRI GRATIS BAGI PASIEN KORONA TANPA GEJALA