Kompas TV regional berita daerah

Bus Trans Metro Dewata, Transportasi Publik Prov Bali Yang Canggih

Kompas.tv - 9 September 2020, 10:01 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Denpasar, KOMPASTV - Pemerintah provinsi bali meluncurkan transportasi berteknologi tinggi,yakni bus trans metro dewata. Bantuan dari kementerian perhubungan dierikan untuk bali 105 unit. Bus ini tergolong canggih lantaran fitur didalam bus menggunakan tekhnologi canggih.

Dimana bus dilengkapi safety belt pada tiap kursi penumpang,kursi bagi penumpang disabilitas, sensor hingga 5 cctv yang mengarah ke seluruh bagian,dan terhubung langsung dengan petugas pemantau. Selain cctv untuk penumpang, terdapat juga fitur peringatan untuk pengemudi ketika mengantuk ataupun merokok didalam bus. Sensor ini akan mengeluarkan suara peringatan yang dapat didengar juga oleh penumpang.

Tak hanya kecanggihan keamanan dan kenyamanan, saat menaiki bus trans metro dewata ini tak lagi membayar dengan uang cash,melainkan menggunakan kartu elektronik atau e money

Gubernur bali, wayan koster, menilai bus ini lebih canggih dibanding bus trans sarbagita yang minim peminat lantaran pengelolaan managemen yang buruk. Koster berharap masyarakat bali untuk mulai beralih menggunakan moda transportasi umum untuk mengurangi kemacetan serta demi keamanan masyarakat saat perjalanan jarak jauh.

Ada empat koridor, yakni koridor 1 terminal persiapan – central parkir kuta badung, koridor 2 yakni gor ngurah rai – bandara ngurah rai,koridor 3 yakni pantai matahari terbit – dalung, serta koridor 4 dari terminal ubung – sentral parkir monkey forest gianyar. Mengenai tarif saat ini diberikan gratis hingga 31 desember 2020 kepada masyarakat yang menggunakan  bus trans metro dewata ini

#bustransmetrodewata #transportasipubli #busbali #transportasibali #kendaraanpublikbali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x