Kompas TV nasional hukum

Putusan Sidang Etik Ketua KPK Firli Bahuri Digelar 15 September 2020

Rabu, 9 September 2020 | 09:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua KPK Firli Bahuri, Selasa (08/09/2020) sore selesai menjalani pemeriksaan sidang etik oleh Dewan Pengawas KPK.

Usai pemeriksaan Firli memilih bungkam dan tidak memberikan pernyataan.

Sidang etik berjalan secara tertutup sejak pukul 14.00 WIB s.d 16.00 WIB.

Sidang dihadiri oleh tiga orang anggota dewan pengawas yakni Albertina HO, Tumpak Hatorangan, dan Syamsudin Haris.

Video di atas adalah cuplikan sidang lanjutan ketiga di mana dewas memeriksa Firli sebagai terperiksa karena diduga melanggar kode etik dengan bergaya hidup mewah.

Sidang etik masih akan dilanjutkan dengan agenda pleidoi sebelum akhirnya dewas mengambil keputusan.

Rencananya sidang etik dewan pengawas KPK dengan terperiksa Ketua KPK Firli Bahri akan dilanjut pekan depan tanggal 15 September 2020.

"Dewas juga melaksanakan sidang etik dengan terperiksa pak FB dengan acara pemeriksaan terperiksa. Dan sidang akan dilanjutkan pada hari Selasa tanggal 15 September 2020 dengan acara pembacaan putusan oleh Majelis Sidang Etik Dewan Pengawas KPK," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Adapun dalam dugaan pelanggaran etik ini Firli diduga melanggar kode etik dan pedoman perilaku 'Integritas' pada Pasal 4 Ayat (1) huruf c atau Pasal 4 Ayat (1) huruf n atau Pasal 4 Ayat (2) huruf m dan/atau 'Kepemimpinan' pada Pasal 8 ayat (1) huruf f Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor: 02 Tahun 2020.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:24
WEBINAR KOMPAS INSTITUTE "INVESTASI KALA RESESI" BERSAMA MOHAMAD ANDOKO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO TERIMA ANUGERAH “RISING STAR OF DEMOCRACY”   MAKI NILAI VONIS PENJARA SEUMUR HIDUP DALAM KASUS KORUPSI DI ASURANSI JIWASRAYA BISA BERI EFEK JERA BAGI KORUPTOR   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: IZIN USAHA PENGOLAHAN KOMODITAS PERIKANAN SEMAKIN MUDAH DAN CEPAT   SATGAS COVID-19 LUNCURKAN SISTEM PEMANTAU KEPATUHAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA ”REAL-TIME”   SATGAS COVID-19 LUNCURKAN SISTEM BERSATU LAWAN COVID-19 UNTUK OPTIMALKAN OPERASI YUSTISI   CEGAH PRAKTIK PENYIMPANGAN KOPERASI, KEMENKOP DAN UKM MULAI TERAPKAN REFORMASI SISTEM PENGAWASAN KOPERASI   BAWASLU RIAU AWASI KETAT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT KAMPANYE   PT PUPUK INDONESIA TELAH SALURKAN 69 JUTA TON PUPUK BERSUBSIDI KEPADA PETANI   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: APLIKASI SIPETAK UNTUK MENINGKATKAN AKURASI DATA PENGELOLAAN TAMBAK   KEPALA PUSKESMAS KELURAHAN PISANGAN MINTA 103 WNA PENCARI SUAKA YANG MENUNGGU HASIL TES USAP ISOLASI MANDIRI   MENKOMINFO: HAK ATAS KEBEBASAN BEREKSPRESI DAN BERPENDAPAT DI INDONESIA MEMILIKI BATAS YANG HARUS DIPATUHI   POLRI SEBUT OPERASI YUSTISI EFEKTIF TERTIBKAN MASYARAKAT PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   MENLU RETNO MARSUDI DORONG PERUSAHAAN AMERIKA SERIKAT BERINVESTASI DI INDONESIA