Kompas TV video cerita indonesia

TNI AU Simulasi Turunkan Paksa Pesawat Asing Tanpa Izin di Aceh

Kompas.tv - 9 September 2020, 10:24 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

ACEH, KOMPAS.TV - Prajurit TNI Angkatan Udara dari Komando Operasi Udara I menggelar latihan bersama Jalak Sakti 2020 pada Selasa (8/9/2020) di Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar.

Selain penurunan paksa pesawat asing penyelamatan korban bencana menggunakan pesawat udara juga diperlihatkan oleh prajurit TNI.

Dalam rangka latihan Jalak Sakti TNI Angkatan Udara dari komando operasi satu, prajurit tni angkatan udara gabungan memperlihatkan sejumlah kegiatan pengamanan dan penyelamatan melalui udara.

Dengan menggunakan pesawat tempur, prajurit TNI mengawal dan menurunkan paksa pesawat tanpa izin yang terbang di wilayah udara Indonesia. Kemudian prajurit berbegas mengamankan pilot pesawat.

Selain itu, simulasi penyelamatan melalui udara untuk korban bencana juga diperagakan dalam latihan tersebut selain dengan menggunakan helikopter juga dilakukan dengan sistem terjun payung. Hal ini memang dilakukan oleh prajurit TNI saat dibutuhkan di lokasi bencana jika tidak dapat dijangkau dengan jalur darat.

Kegiatan latihan bersama ini juga melibatkan sejumlah instansi seperti Palang Merah Indonesia, Basarnas serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebagai upaya menjaga kekompakan antar instansi dalam upaya pengamanan dan penyelamatan saat terjadinya bencana. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x