Kompas TV regional berita daerah

Lahan Bekas Tambang Jadi Lokasi Wisata Unggulan

Kompas.tv - 8 September 2020, 16:51 WIB
Penulis : KompasTV Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.TV - Lokasi bekas tambang batu andesit bukit kandis yang berada di Desa Durian Demang, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah akan diubah menjadi lokasi wisata minat khusus unggulan. Hal itu sesuai rencana Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang telah sepakat mengembangkan kawasan ini.

Dilokasi ini akan dibangun fasilitas penunjang olahraga panjat tebing, yang direncanakan menjadi salah satu ajang panjat tebing berskala nasional. Dengan ketinggian sekitar 115 meter, bukit kandis telah dikenal sebagai salah satu lokasi panjat tebing yang dapat memacu adrenalin bagi pegiat olahraga ekstrem.

Dalam pengembangan kawasan wisata unggulan ini, pemerintah turut melibatkan masyarakat sekitar dengan tujuan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Sebelumnya sekitar tahun 1980an, wilayah bukit kandis merupakan tambang batu andesit yang dikelola pemerintah daerah dan kemudian dihentikan operasinya. Pemerintah kemudian merubah kawasan tambang menjadi kawasan wisata unggulan.

#ObjekWisata #BukitKandis #PanjatTebing #BengkuluTengah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x