Kompas TV regional berita daerah

Krisis Air Bersih, Warga Gunakan Air Kubangan

Kompas.tv - 7 September 2020, 17:25 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR, KOMPAS.TV - Beginilah aktifitas warga Kampung Cisalak Hilir, Desa Cisalak, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat,  saat mengambil dan mencuci di kubangan air sungai. Warga terpaksa mengunakan air kubang sungai yang dibuat oleh warga sendiri  untuk digunakan kebutuhan warga sehari-hari, seperti mandi/ mencuci,  berwudhu, dan lainnya. Hampir setiap pagi, siang, dan sore, warga terpaksa harus bolak balik mengambil air, lantaran air di sumur warga sudah mulai mengering.

Sedangkan  kebutuhan untuk minum dan memasak warga menggunakan  air kemasan atau air galon.  Kondisi ini sudah berlangsung hampir dua bulan, lantaran cuaca sudah mulai memasuki musim kemarau, kondisi tersebut juga diperparah dengan jebolnya irigasi Sungai Cikondang yang jebol beberapa waktu yang lalu, sehingga aliran air sungai ke irigasi warga mulai surut.

Warga tidak menghiraukan dengan kesehatanya selama  menggunakan air kubangan tersebut, mereka terpaksa lantaran sulitnya mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Warga berharap agar pihak pemerintahan bisa menaggulangi dan lebih memperhatikan lagi nasib warganya. Para warga berharap agar pihak pemerintahan bisa menaggulangi dan lebih memperhatikan lagi nasib warganya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x