Kompas TV kuliner cerita rasa

Cobain Aneka Kuliner Aceh Langsung di Aceh

Kompas.tv - 9 September 2020, 13:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kuliner Aceh memiliki ciri khas tersendiri berkat sentuhan bumbu rempah yang tak ditemui pada makanan daerah lain di Indonesia. Benoe menuju rumah makan spesifik Aceh sesuai namanya rumah makan ini menghadirkan beragam hidangan khas Aceh.

Bang Iswandi menyiapkan ayam tangkap buat Benoe, ayam tanpa kulit dipotong kecil-kecil bagian kepala dan ceker tidak ikut di masak hanya daging serta hati dan ampela saja.

Potongan ayam dibumbui dengan bawang putih. Jahe. dan bubuk kunyit. lalu ayam digoreng bersama irisan bawang merah. daun kari. daun pandan. dan cabai hijau.

Ayam sebaiknya digoreng dalam minyak yang sudah pernah dipakai menggoreng untuk mendapatkan cita rasa dan aroma yang lebih kuat, kalau pakai minyak goreng baru hasilnya akan kurang maksimal.

Karena ayam yang digunakan oleh ayam kampung muda memasaknya pun tak perlu waktu lama cukup digoreng selama 10 menit, ayam tangkap sudah matang dan siap untuk disajikan.

Selain ayam tangkap Saya tertarik mencoba Boh itik kemamah kuah lemak, telur bebek dimasak bersama ikan kayu dalam kuah santan.

Ikan kayu dari ikan tongkol ya yang dihapus dari musuh dikeringin jadinya bisa tahan bertahun-tahun, konon ini pada zaman penjajahan pejuang-pejuang Aceh Makannya ini. Bisa tahan sampai 1 tahun. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.