Kompas TV nasional sosial

Diprotes Ridwan Kamil, Jasa Marga Beri Diskon Tol Jakarta-Bandung

Kompas.tv - 6 September 2020, 10:30 WIB
diprotes-ridwan-kamil-jasa-marga-beri-diskon-tol-jakarta-bandung
Tol Cipularang (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah diprotes Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jasa Marga membatalkan kenaikan tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi. Namun Jasa Marga menyebutnya sebagai diskon tol.

Dalam siaran pers yang dikeluarkannya, Jasa Marga mengaku mendapatkan respons dan masukan dari masyarakat terkait pemberlakuan tarif tol untuk Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi pada pukul 00.00 WIB, Sabtu (5/9/2020).

Dengan mempertimbangkan masukan-masukan tersebut Jasa Marga mengambil inisiatif untuk memberlakukan diskon tarif untuk kendaraan pribadi (Golongan I).

“Diskon yang diberlakukan adalah diskon tarif untuk Golongan I. Dengan adanya diskon ini maka pengguna jalan Golongan I membayar tarif sesuai dengan jumlah semula sebelum tarif disesuaikan (tarif awal)," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, dikutip dari Tribunnews.

Diskon tarif ini mulai berlaku pada pukul 00.00 WIB, Minggu (6/9/2020).

Sementara untuk pengguna jalan dengan Golongan II-V, tetap berlaku tarif baru setelah disesuaikan. Karena pada penyesuaian tarif baru tol Cipularang dan Padaleunyi, terdapat penurunan tarif untuk kendaraan logistik Gol III dan Gol V.

Baca Juga: Ridwan Kamil Protes Jasa Marga Naikkan Tarif Tol Jakarta-Bandung

Penyesuaian atau penurunan tarif ini, kata Heru, sebagai salah satu upaya dalam mendukung aksesibiitas logistik nasional.

Lebih lanjut, Heru menjelaskan, jika berdasarkan regulasi seharusnya tarif Tol Cipularang dan Jalan Tol Padaleunyi yang dikelola Jasa Marta telah disesuaikan pada Februari tahun 2020.

Namun penyesuaian tarif baru bisa dilakukan pada bulan September tahun 2020. Sehingga terdapat penundaan kurang lebih 7 bulan.

"Itu menandakan bahwa Pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jasa Marga, telah mempertimbangkan dampak dari pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) terhadap ekonomi masyarakat,” tambah Heru.

Protes Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan protes kepada Jasa Marga sebagai pengelola tol yang menaikkan tarif terhitung pada hari ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x