Kompas TV kuliner cerita rasa

Legendaris, Soto Betawi Sejak 1948 Wow!!

Kompas.tv - 8 September 2020, 13:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk mengawali penjelajahan rasa saya di ibukota negara kita ini, saya akan mencicipi kuliner resep suku asli kota Jakarta yakni soto Betawi. Soto sendiri sebenarnya memang bukan asli Jakarta hampir setiap daerah memiliki kekhasannya begitu juga soto Betawi.

Di Pasar Kebayoran Lama di sini ada salah satu soto yang sudah cukup fenomenal dari tahun 50-an namanya soto Betawi Haji Yakub di wilayah gang mangga.

Dari etalase dagang nya aja kelihatan jadul banget bukti kalau warung ini Legend. Kelebihan dari soto Haji Yakub ini tidak menggunakan MSG, murni kaldu dari daging dan bumbu.

Ini dia soto betawi Haji Yakub jika melihat beberapa literatur sejarah soto betawi penamaan soto betawi malah baru populer di tahun 1977.

Bukan berarti sebelum tahunitu tidak ada penjual soto Betawi terbukti soto betawi Haji aku sudah ada sejak tahun 1948. Hanya saja sebelum tahun 1970-an penjual soto Betawi hanya membuat dagangannya dengan istilah soto tanpa nama belakang Betawi.

Karena maraknya para pendatang yang merantau ke ibu kota dan muncul soto dari berbagai daerah seperti soto lamongan, soto Boyolali, soto kudus dan masih banyak lagi.

Nama belakang Betawi makin melekat di belakang penjajah soto resep asli Betawi ciri khas soto Betawi adalah daging direbus terpisah baru kuah rebusan daging inilah yang akan dijadikan kuah.

Isian pun bermacam-macam dari murni daging hingga aneka jeroan, selain potongan daging soto betawi biasanya ditambah potongan tomat segar, garam, lada bubuk, cuka Aren, kecap, emping melinjo, bawang merah goreng, daun bawang, seledri, dan terakhirku soto yang masih plain.

Alamat: Jl. Raya Kby. Lama No.12, RT.1/RW.2, Cipulir, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12230 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.