Kompas TV nasional agama

Wamenag Sebut, Haji dan Umrah Akan Kembali Dibuka

Kompas.tv - 5 September 2020, 21:30 WIB
wamenag-sebut-haji-dan-umrah-akan-kembali-dibuka
Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Abdur Rahim

TEMANGGUNG, KOMPASTV – Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi menyebut rencana pemerintah Arab Saudi untuk membuka kembali haji dan umrah dalam waktu dekat.

Ia menuturkan, saat ini Komjen haji tengah berada di tanah suci dan tengah melakukan rapat bersama Wakil Menteri Haji Arab Saudi.

“Salah satunya memang dibicarakan tentang kemungkinan-kemungkinan dibukanya pelaksanaan ibadah umrah dan juga mungkin persiapan haji tahun depan”, ungkap Zainut Tauhid saat diwawancara wartawan (5/9). 

Baca Juga: Fasilitas di Asrama Haji Terus Dilengkapi Untuk Pasien OTG Covid-19

Meski demikian, Pemerintah Arab Saudi belum memutuskan kapan umrah dan haji dapat dibuka kembali.

“Mudah-mudahan awal Oktober sudah ada informasi yang mendekati pasti. Sekarang mungkin sedang dievaluasi, dilakukan pengkajian oleh Pemerintah Arab Saudi”, ungkapnya.

Wamenag menambahkan, meski ada rencana membuka kembali haji dan umrah, hanya warga negara-negara tertentu saja yang diizinkan untuk umrah. 

“Di samping penerapan protokol kesehatan secara ketat, termasuk juga ada ketentuan yang saya dengar, negara yang memberangkatkan itu dapat dikategorikan aman dari Covid”, ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.