Kompas TV kuliner cerita rasa

Omurice, Omelet Jepang Penggugah Selera

Kompas.tv - 5 September 2020, 07:44 WIB
omurice-omelet-jepang-penggugah-selera
Omurice adalah nasi goreng yang dibungkus dengan omelet setengah matang, yang disiram dengan saus tonkatsu dan disajikan hangat-hangat (Sumber: Ante)
Penulis : Agung Pribadi

Kompas TV - Jika kita berkunjung ke Jepang dan mencari makanan cepat saji tapi mau yang enak, cobalah Omurice.

Omurice tak lain adalah Nasi Goreng yang dibungkus dengan omelet setengah matang. Namun berbeda dengan omelet yang biasa disajikan terpisah dari nasi, sebab Omelet yang satu ini benar-benar menyatu dengan nasi dari negeri sakura yang terkenal dengan kelezatannya.

Omurice atau omu-rice (Omu-raisu) adalah contoh yoshoku atau gaya masakan Jepang yang dipengaruhi Barat yang terdiri dari telur dadar yang dibuat dengan nasi goreng dan telur goreng tipis dan diberi saus tonkatsu yang terdiri dari saus tomat dan mayonais

Masakan ini adalah hidangan populer yang biasa dimasak di rumah dan sering ditemukan di restoran bergaya barat di Jepang.

Omurice pertama kali muncul menjelang pergantian abad ke-20 di sebuah restoran bergaya barat di distrik Ginza Tokyo yang disebut Renga-tei, yang terinspirasi oleh chakin-zushi.

Omurice ini kemudian dibawa ke Korea dan Taiwan, dan langsung menjadi masakan populer. Di Jepang, anak-anak juga menyukai omurice, dan sering disajikan dalam okosama-ranchi atau makanan anak-anak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x