Kompas TV nasional politik

Rizal Ramli dan Refly Harun Gugat Presidential Threshold ke Mahkamah Konstitusi

Jumat, 4 September 2020 | 19:21 WIB
rizal-ramli-dan-refly-harun-gugat-presidential-threshold-ke-mahkamah-konstitusi
Rizal Ramli mengajukan gugatan Presidential Threshold yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rizal Ramli bersama kuasa hukumnya, Refly Harun, mengajukan gugatan Presidential Threshold yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Gugatan tersebut diajukan Rizal Ramli ke Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (4/9/2020), dikutip dari Tribunnews.

Ekonom Senior Rizal Ramli bersama Refly Harun tiba di Gedung Mahkamah Konstitusi sekitar pukul 13.43 WIB. Rizal Ramli menyerahkan langsung dokumen gugatan kepada bagian penerimaan Perkara Konstitusi.

Baca Juga: Rizal Ramli Kembali Kirim Undangan Debat Ke Luhut Binsar Panjaitan

Usai mendaftarkan gugatan, Rizal mengatakan, pengajuan gugatan ini dilatari perlu adanya perubahan yang menjunjung nilai demokrasi yang sesungguhnya, yakni mengenai ambang batas pencalonan presiden.

"Awalnya bagus (demokrasi,red), tapi makin ke sini makin dibikin banyak aturan yang mengubah demokrasi Indonesia menjadi demokrasi kriminal," kata Rizal Ramli di Gedung Mahkamah Konstitusi, di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (4/9/2020), dikutip dari Tribunnews.

Rizal dengan ambang batas 20 persen itu, membuat seseorang yang ingin mencalonkan diri harus menyiapkan mahar politik untuk mendapatkan dukungan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi partai politik di DPR, atau disetarakan dengan 25 persen perolehan kursi parlemen.

Editor : Hariyanto Kurniawan

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:11
TIMNAS U-16 INDONESIA KALAH MELAWAN UNI EMIRAT ARAB DENGAN SKOR 0-4 DALAM LAGA UJI COBA DI DUBAI   PBB: HONDURAS SEBAGAI NEGARA KE-50 YANG MELAKUKAN RATIFIKASI PERJANJIAN LARANGAN SENJATA NUKLIR   PBB: 50 NEGARA MELAKUKAN RATIFIKASI PERJANJIAN LARANGAN SENJATA NUKLIR   MENKES AFGHANISTAN SEBUT SEBAGIAN BESAR KORBAN LEDAKAN BOM BUNUH DIRI DI KABUL ADALAH PELAJAR BERUSIA 15-26 TAHUN   SEBANYAK 18 ORANG MENINGGAL DUNIA AKIBAT BOM BUNUH DIRI MELEDAK DI KABUL, AFGHANISTAN   SEBANYAK 8 PELAJAR TEWAS DALAM TRAGEDI PENEMBAKAN DI SEKOLAH MOTHER FRANCISCA COLLEGE DI KUMBA, KAMERUN   PIMPINAN SAMSUNG ELECTRONICS LEE KUN-HEE MENINGGAL DUNIA DI USIA 78 TAHUN   MANTAN KEPALA DESA BONTOBAJI, BULUKUMBA, SULSEL, AHMAD ASBAK DITAHAN ATAS DUGAAN KORUPSI DANA DESA RP 387 JUTA   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY AKUI ROKOK PENGHASIL DEVISA TERTINGGI NEGARA TETAPI SEBABKAN KERUGIAN KESEHATAN   SEBANYAK 373.745 ORANG MASUK DAFTAR HITAM KARTU PRAKERJA KARENA TIDAK MEMBELI PELATIHAN PERTAMA   SATLANTAS POLRES BOGOR AKAN BERLAKUKAN SISTEM SATU ARAH DI JALUR PUNCAK SECARA SITUASIONAL PADA AKHIR PEKAN INI   ANTISIPASI BEGAL, POLRES JAKARTA SELATAN GELAR PATROLI DI JALUR SEPEDA SAAT AKHIR PEKAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN PERPANJANG MASA PENERAPAN PSBB TRANSISI HINGGA 8 NOVEMBER 2020   MENAKER IDA FAUZIYAH JAMIN UU CIPTA KERJA TETAP SEJAHTERAKAN BURUH