Kompas TV regional berita daerah

BKSDA Berharap Dukungan Masyarakan untuk Pemulihan Cagar Alam Mandor

Sabtu, 5 September 2020 | 07:40 WIB

KALIMANTAN BARAT, KOMPAS.TV - Beberapa waktu lalu, tim gabungan yang dimotori Gakkum KLHK menertibkan aktivitas tambang emas tanpa izin atau PETI di kawasan Cagar Alam Mandor, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Baca Juga: Dimotori KLHK, Tambang Emas Ilegal di Cagar Alam Kecamatan Mandor Ditertibkan

Pasca penertiban tersebut, Balai Konservasi Sumber Daya Alam meminta dukungan dari masyarakat dan berencana memulihkan lebih dari 700 hektar dari 3.080 hektar area cagar alam yang rusak akibat aktivitas penambangan.

BKSDA kini menyusun program untuk mengembalikan kerusakan dan memberdayakan masyarakat di sekitar cagar alam. Salah satu skema yang dirancang yakni menjadikan Cagar Alam Mandor sebagai lokasi penelitian.

“Selain ingin mengembalikan fungsi cagar alam, kami juga ingin memberikan solusi bagi masyarakat agar mereka tetap bisa mendapat sumber penghasilan selain dari penambangan,” ucap Sadtata Noor, Kepala BKSDA Kalbar.

BKSDA berharap pihak terkait juga turut serta mewujudkan keberlangsungan Cagar Alam Mandor dengan berkontribusi dalam perlindungan  berbagai hewan serta tanaman endemik di dalamnya.

Simak informasi lain dari Kabupaten Landak, Kota Pontianak, dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#PETI #TambangEmas #CagarAlam

Editor : KompasTV Pontianak



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:31
KPK AJUKAN BANDING ATAS VONIS BUPATI NONAKTIF SOLOK SELATAN MUZNI ZAKARIA   MENKO POLHUKAM SEBUT INDONESIA DAN AUSTRALIA PERTEGAS KERJA SAMA DI BIDANG HUKUM DAN KEAMANAN   PERIKSA CHAIRUMAN HARAHAP, KPK DALAMI SOAL PENYUSUNAN DAN PENGESAHAN ANGGARAN PROYEK KTP ELEKTRONIK   KPK PERIKSA MANTAN KETUA KOMISI II DPR CHAIRUMAN HARAHAP SEBAGAI SAKSI KASUS KTP ELEKTRONIK   KEPALA SEKRETARIAT KSP AKAN MELAPOR KE KPK SOAL PRESIDEN JOKOWI YANG MENDAPAT SEPEDA LIPAT   KEMENAG TEGASKAN DANA BANTUAN BAGI PESANTREN TIDAK BOLEH DIPOTONG   GUBERNUR DIY SULTAN HAMENGKUBUWONO X PERSILAKAN ASN UNTUK KELUAR DAERAH SAAT LIBUR PANJANG   POLRI MENGATAKAN SENJATA YANG DIDUGA DIPERJUALBELIKAN OKNUM BRIMOB BUKAN SENJATA ORGANIK ATAU DINAS   SEKRETARIS UMUM PP MUHAMMADIYAH: MAULID NABI SEBAIKNYA TIDAK ADA SEREMONIAL YANG HADIRKAN BANYAK ORANG   KUASA HUKUM BAHAR BIN SMITH SEBUT KLIENNYA BERENCANA AJUKAN PRAPERADILAN ATAS STATUS TERSANGKA BARU   POLDA JABAR TETAPKAN BAHAR BIN SMITH SEBAGAI TERSANGKA KASUS PENGANIAYAAN SECARA BERSAMA-SAMA    JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19: KEMATIAN AKIBAT VIRUS KORONA NAIK 19 PERSEN DI PEKAN KETIGA OKTOBER 2020   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MEMPREDIKSI LIBUR PANJANG AKAN BERDAMPAK PADA KENAIKAN KASUS POSITIF COVID-19   PEMKOT BEKASI, JABAR, KEMBALI IZINKAN BIOSKOP BEROPERASI DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN PEKAN INI