Kompas TV regional berita daerah

Pemlaspasan Kantor Pemajuan Masyarakat Desa Adat

Kompas.tv - 4 September 2020, 15:19 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Denpasar, KOMPASTV - Saudara sejak pemerintahan gubernur wayan koster dinas pemajuan masyarakat adat hadir. Kini kantor dinas pemajuan masyarakat adat telah berdiri dengan didahului upacara pemelaspasan berdasarkan kpercayaan hindu bali.

Inilah upacara pemelaspasan kantor dinas pemajuan masyarakat adat digelar. Sejak periode pemerintahan gubernur wayan koster dinas pemajuan masyarakat adat hadir. Upacara ini mengawali dan membersikan kantor dinas pemajuan masyarakat desa/ setelah usai dibangun kurang dari setahun.

Pada upacara pemelaspasan tersebut gubernur bali meninjau langsung ruangan yang ada di bangunan berlantai 3.

Dalam sambutannya gubernur bali menyampaikan tentang pentingnya peran desa adat di bali dalam kaitan pelaksanaan agama, tradisi dan budaya bali. Dengan adanya kantor dinas pemajuan masyarakat adat diharapkan pengelolaan desa adat dapat semakin baik

Pembentukan  dinas pemajuan masyarakat dimulai sejak diterbitkannya  perda desa adat pada 4 juni 2019 lalu. Nantinya bertugas untuk melakukan pengawasan dan pembinaan bagi desa adat yang ada di bali. Pembangunan fasilitas kantor ini menghabiskan anggaran 9,8 M
 

Selain pembangunan kantor pemajuan masyarakat adat pemprov bali juga membangun kantor majelis madya desa adat di 7 kabupaten kota. Selain fasilitas pendukung pemerintah provinsi bali juga menganggarkan 300 juta per desa adat di bali, total terdapat 1.493 desa adat dengan anggaran 447,9 miliar yang diambil dari APBD.

#kantordinas #desaadat #pemajuanmasyarajat #pemalspasangedung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x