Kompas TV video cerita indonesia

Pesona Umah Kuno di Gianyar Bali

Kompas.tv - 4 September 2020, 08:51 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

BALI, KOMPAS.TV - Inilah objek wisata umah Bali kuno yang berlokasi di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring Gianyar atau sekitar 1 setengah jam perjalanan dari bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung cukup memberikan punia (uang) seikhlasnya ke dalam kotak dana punia sebagai tiket masuk.

Umah Bali kuno ini dibangun bedasarkan konsep asta kosala kosali Bali yaitu cara penataan lahan untuk tempat tinggal dan bangunan suci sesuai dengan landasan Filosofis, etis dan ritual dengan memperhatikan konsepsi perwujudan pemilihan lahan hari baik membangun rumah serta pelaksanaan Yadnya.

Pengukuran bangunannya pun  bedasarkan anatomi tubuh pemilik rumah. Seperti telapak kaki, untuk menentukan jarak satu bangunan ke bangunan yang lain.

Selain itu  bahan dasar bangunannya juga sangat tradisonal yaitu memanfaatkan tanah liat yang dibentuk menjadi bahan dasar tembok hingga lantai yang menggunakan bambu serta atap daun jerami kering.

Selain melihat konsep bangunan tradisional Bali, pengunjung juga bisa menikmati wahana bermain seperti ayunan raksasa dan spot selfie yang unik.

Jika anda lapar dan haus, jangan khawatir, di umah Bali kuno anda juga menikmati kuliner tradisional seperti kopi, pisang goreng, olahan mujair, buah-buahan dan lainnya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x