Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Belajar Mengaji Secara Virtual, Adaptasi Kebiasaan Baru di Lapas Banjarmasin

Kamis, 3 September 2020 | 17:55 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Para warga binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Banjarmasin terlihat tekun saat belajar baca dan tulis Al-Quran di Mushalla Baabut Taqwa Asteda yang berada di dalam lapas.

Mereka tampak serius mencoba menulis huruf hijaiyah meski perlahan.

Kasi Binadik Lapas Klas IIA Banjarmasin, Bambang Hari Widodo menjelaskan, kegiatan kerohanian kali ini merupakan inovasi mengadaptasi kebiasaan baru selama pandemi yaitu belajar mengaji dilakukan secara daring.

Baca Juga: Sediakan WiFi Gratis dan Komputer, Pos Polisi Jadi Tempat Siswa Kurang Mampu Belajar Daring

Sebab selama pandemi, kunjungan ke dalam lapas sangat dibatasi termasuk untuk ustadz atau guru mengaji warga binaan.

Dengan bekerjasama yayasan Cinta Quran Foundation Bogor, Lapas Banjarmasin kemudian menghadirkan ustadz dari bogor jawa barat untuk mengajarkan secara virtual.

“Sesuai arahan Menkumham, keluar masuk lapas dibatasi tapi kegiatan di dalam lapas tetap berjalan terutama kegiatan kepribadian. Jadi ini adalah inovasi dari Lapas Banjarmasin selama pandemi,” ucap Bambang.

Baca Juga: Adaptasi Kebiasaan Baru, Bimtek KPU Kalsel gunakan Sekat Portabel Untuk Cegah Penularan Covid-19

Iwan, seorang warga binaan mengaku sangat senang akhirnya tetap bisa belajar baca dan tulis Al-Quran karena sebelumnya tidak bisa mengaji.

“Dengan acara seperti ini, kita bisa tetap belajar ngaji, yang tadinya tidak bisa mengaji, sekarang sudah bisa,” kata Iwan.

Rencananya kegiatan kerohanian yang dilakukan secara virtual ini akan dilakukan rutin.

Pihak lapas juga menyatakan, kedepan tidak hanya untuk warga binaan muslim, Kegiatan kerohanian virtual juga akan disediakan untuk warga binaan beragama lainnya.

 

Penulis : KompasTV Banjarmasin



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Orang Rimba Belajar di Bawah Pohon

Jumat, 4 Desember 2020 | 17:27 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:39
SEMBUH DARI KORONA, LUIS SUAREZ SIAP IKUT LATIHAN DENGAN ATLETICO MADRID JELANG LANJUTAN LIGA SPANYOL   FACEBOOK AKAN HAPUS KLAIM PALSU SOAL VAKSIN KORONA   POLISI PASTIKAN PROSES HUKUM PANITIA TURNAMEN SEPAK BOLA ANTARKAMPUNG DI SERANG YANG TIMBULKAN KERUMUNAN   PERAYAAN NATAL DI GEREJA KATEDRAL, JAKARTA: JEMAAT DIBATASI HANYA 20% DARI KAPASITAS NORMAL   KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA: PERAYAAN NATAL DI KATEDRAL AKAN TETAP DILAKUKAN DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   SEBANYAK 3.280 PASIEN POSITIF KORONA JALANI PERAWATAN DI RSD WISMA ATLET, KEMAYORAN, JAKARTA   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH GELAR TES RUTIN KORONA UNTUK WARGA YANG BERADA DI ZONA MERAH DAN ORANYE   EKONOM SENIOR INDEF FAISAL BASRI MINTA PRESIDEN FOKUS TANGANI KORONA DENGAN MEMBENTUK TIM KHUSUS   EKONOM SENIOR INDEF FAISAL BASRI: MENTERI YANG BERTANGGUNG JAWAB DALAM PENANGANAN COVID-19 SIBUK URUSI INVESTASI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 2.085 ORANG: 1.449 SEMBUH, 159 MENINGGAL DUNIA, 477 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: ADA 34 PROVINSI DAN 507 KABUPATEN/KOTA YANG TERDAMPAK KORONA   PEMERINTAH: HINGGA 4 DESEMBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 5.926.986 SPESIMEN   HINGGA 4 DESEMBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 69.016 ORANG    HINGGA 4 DESEMBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI INDONESIA: 563.680 POSITIF, 466.178 SEMBUH, 17.479 MENINGGAL DUNIA