Kompas TV regional berita daerah

Sultan Tanggapi Pertumbuhan Ekonomi Yogya

Kamis, 3 September 2020 | 13:40 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pandemi covid-19 berimbas pada pertumbuhan ekonomi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengalami minus 6,74 persen. Dengan angka itu pada kuartal kedua, Yogyakarta tercatat dalam jajaran 3 Provinsi yang pertumbuhan ekonominya terendah, bersama Bali dan DKI Jakarta. 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan rendahnya pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta pada kuartal kedua, dikarenakan terpuruknya dua sumber pendapatan utama, yaitu pariwisata dan pendidikan

Meski di kuartal ketiga saat ini pariwisata Yogyakarta mulai bergeliat dimasa tatanan normal baru, namun pendapatan dari sektor itu dianggap Sri Sultan Hamengku Buwono X masih jauh dari harapan.  

Sementara itu, kondisi yang jauh lebih buruk justru terjadi di sektor pendidikan. Dihentikannya kegiatan perkuliahan tatap muka dalam waktu relatif lama, menyebabkan banyak mahasiswa yang meninggalkan Yogyakarta.

Menurut Gubernur DIY, hal tersebut berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi di daerahnya. Sri Sultan berharap, di akhir kuartal ketiga pertumbuhan ekonomi Yogyakarta bisa membaik, seiring kembalinya mahasiswa pada pertengahan bulan September ini.
 

#PertumbuhanEkonomi #Yogyakarta #SriSultan


 

Penulis : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:57
DALAM PENGAMANAN NATAL & TAHUN BARU, POLRI AKAN GELAR OPERASI LILIN MULAI 23 DESEMBER 2020 HINGGA 4 JANUARI 2021   POLRI KERAHKAN 191.584 PERSONEL UNTUK AMANKAN NATAL & TAHUN BARU 2021   WAPRES MA’ARUF AMIN INGATKAN PELAKU INDUSTRI "FINTECH" PERKUAT KEAMANAN PELAYANAN BAGI MASYARAKAT   WAPRES MA'RUF AMIN: PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKNOLOGI FINANSIAL ATAU “FINTECH” DI INDONESIA BERKEMBANG SANGAT PESAT   PRESIDEN JOKOWI INGATKAN PARA MENTERI UNTUK TETAP BERHATI-HATI DALAM MENGGUNAKAN APBN 2021   PRESIDEN JOKOWI: APBN 2021 MASIH DIFOKUSKAN UNTUK PENANGANAN COVID-19, BAIK DI SEKTOR KESEHATAN MAUPUN EKONOMI    PRESIDEN JOKOWI MINTA MENSOS SEGERA MENYALURKAN BANTUAN SOSIAL UNTUK MASYARAKAT PADA AWAL JANUARI 2020   PENYIDIK KPK SITA SEJUMLAH BARANG DAN KARTU DEBIT DALAM PENANGKAPAN MENTERI KP EDHY PRABOWO   DPP GERINDRA DKI MENYATAKAN AKAN JELASKAN SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK   SEKJEN KKP ANTAM NOVAMBAR SEBUT PIHAKNYA HARGAI PROSES HUKUM KPK TERKAIT PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO    DARI 17 ORANG YANG DITANGKAP TERDIRI DARI MENTERI EDHY PRABOWO & ISTRI, PEJABAT KKP, SERTA SEJUMLAH PIHAK SWASTA   HINGGA SAAT INI, KPK MENANGKAP 17 ORANG DALAM RANGKAIAN OPERASI TANGKAP TANGAN MENTERI KP EDHY PRABOWO    KETUA HARIAN DPP GERINDRA SUFMI DASCO AHMAD MASIH TUNGGU INFORMASI VALID KPK SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO   WAKIL KETUA KOMISI IV DPR DEDI MULYADI MENGAKU PRIHATIN DENGAN PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK