Kompas TV nasional hukum

Soal Kesejahteraan, Anggota DPR: Personel Polri Naik Pesawat, Prajurit TNI Naik Kapal

Kompas.tv - 3 September 2020, 11:02 WIB
soal-kesejahteraan-anggota-dpr-personel-polri-naik-pesawat-prajurit-tni-naik-kapal
Jelang penerapan hidup normal atau new normal Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz menyempatkan melakukan kunjungan ke Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (12/6/2020) . (Sumber: DOK HUMAS TNI)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu topik pembahasan dalam rapat kerja Komisi I DPR RI dengan Kementerian Pertahanan.

Hal tersebut kembali dibahas menyusul terjadinya insiden penyerangan Markas Polsek Ciracas yang terjadi pada Sabtu 29/8/2020 oleh sejumlah oknum anggota TNI.

Anggota Komisi I DPR Sukamta menduga buntut keributan tersebut karena kecemburuan sosial prajurit TNI. Hal tersebut menjadi pemicu karena berkaitan dengan kesejahteraan mereka dengan institusi lain.

Baca Juga: TNI Berikan Santunan dan Ganti Rugi Bagi Korban Penyerangan Polsek Ciracas

Tak dapat dipungkiri, menurut Sukamta, kesejahteraan prajurit TNI saat ini masih memprihatinkan. Jika dibandingkan dengan personel Polri, kesejahteraan prajurit TNI tertinggal jauh.

Bicara soal tunjangan dan uang kompensasi prajurit TNI, Sukamta menilai,
apa yang didapat prajurit TNI tidaklah cukup.

Jumlah uang kompensasi tugas saat ini saja masih senilai 20 tahun yang lalu. Perumahan untuk prajurit TNI juga sangat sederhana dan jumlahnya pun belum memenuhi.

"Sampai tunjangan kinerja yang belum cukup. Uang lauk-pauk misalnya, hanya Rp 32 ribu per hari per keluarga," kata Sukamta di Jakarta pada Kamis (3/9/2020).

Baca Juga: Penyerangan Polsek Ciracas, Mantan Wakil KSAD: Tidak Fair Kalau Hanya TNI yang Disalahkan

"Untuk prajurit yang ditugaskan ke daerah jauh atau di kapal beberapa bulan hanya Rp 14 ribu per hari," ujar Sukamta.

Tak hanya itu, bahkan saat dinas ke lokasi yang sama, personel Polri mendapatkan fasilitas lebih mewah ketimbang prajurit TNI.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.