Kompas TV regional berita daerah

Kodam XII Tanjungpura Gelar Apel Siaga dan Simulasi Penanganan Karhutla

Kompas.tv - 3 September 2020, 09:49 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Panglima Kodam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, memimpin apel siaga dan simulasi karhutla yang berlangsung di areal perkebunan sawit PT MAR, di Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya. Apel bertujuan memastikan kesiapan TNI-Polri bersama Manggala Agni dan kelompok masyarakat untuk mengantisipasi karhutla.

Baca Juga: Kubu Raya Datangkan Mobil "Komodo" untuk Bantu Padamkan Karhutla

Pangdam juga berharap perusahaan-perusahaan sawit di Kalimantan Barat turut mengantisipasi potensi terjadinya karhutla di wilayah konsesi perkebunan.

Dalam apel tersebut ditampilkan pula simulasi pemadaman karhutla dengan menggunakan formulasi Nusantara Foam 44 temuan Korem 044 Gapo yang diklaim lebih efektif memadamkan api tanpa menggunakan air yang banyak.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Kalbar juga telah mengeluarkan Pergub nomor 103 tahun 2020 terkait cara pertanian tradisional yang berkearifan lokal. Melalui kegiatan tersebut masyarakat diharapkan melapor kepada pihak tni-polri maupun aparat desa jika ingin membakar ladang, sehingga pembakaran dapat terjadwal dan dipantau oleh aparat terkait.

Baca Juga: Kodam XII Tanjungpura Turunkan Relawan untuk Bantu Cegah Karhutla

Simak informasi lain dari Kabupaten Kubu Raya dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#Karhutla



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x