Kompas TV nasional berita kompas tv

Nikmatnya Kopi Garut Hingga Dikejar Penikmat Kopi Dunia

Kompas.tv - 8 Agustus 2017, 13:45 WIB
Penulis : Desy Hartini

Selama ini, Garut memang hanya dikenal dengan dombanya.Tapi siapa sangka, Kabupaten Garut juga ternyata merupakan penghasil kopi kualitas wahid, terutama jenis kopi arabika. Sebagai daerah yang dikelilingi pegunungan tinggi, Kabupaten Garut memang menjadi daerah pertama dan utama sumber kopi nikmat di tatar Sunda.

Di tangan-tangan terampil para petani kopi yang disentuh kemajuan teknologi pengolahan, kenikmatan kopi Garut pun kini bahkan menjadi incaran para penikmat kopi dunia. Citarasanya yang nikmat membuat kopi Garut merambah jauh diekspor hingga ke Amerika, Eropa, dan Australia.

Menurut salah satu petani kopi Garut, Harry Yuniardi, salah satu kendala untuk meningkatkan pasaran kopi Garut dibanding kopi dari daerah lain adalah tingkat produksinya. Belum ada penyeragaman cara pengolahan antar-sesama petani kopi, sehingga kopi dengan kualitas tinggi belum bisa diproduksi dalam jumlah besar.

Para petani kopi pun berharap, pemerintah ikut berjibaku untuk ikut berperan meningkatkan popularitas kopi Garut di mata dunia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.