Kompas TV regional berita daerah

Waspada! Cuaca Ekstrem akan Melanda Kalbar Sepekan ke Depan

Kompas.tv - 2 September 2020, 10:21 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas 1 Supadio Pontianak memperkirakan selama sepekan ke depan sebagian wilayah Kalbar bagian barat akan berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Hujan dapat disertai angin kencang dan guntur. Kecepatan angin diperkirakan mencapai 20 knot, sementara untuk durasi hujan diperkirakan dua hingga tiga jam.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Buruk Landa Kalbar Tiga Hari ke Depan

Adapun daerah daerah berpotensi hujan lebat dengan angin kencang yakni, Sambas, Singkawang, dan Mempawah. Potensi cuaca ekstrem serupa juga berpotensi terjadi di wilayah timur, yaitu  Kapuas Hulu, Sanggau, Sintang, dan Melawi. 

“Untuk wilayah Kalbar selama satu minggu ke depan secara umum berpotensi terjadi hujan ringan hingga lebat. Khususnya untuk wilayah bagian barat sampai Kalbar bagian timur,” Tutur Prakirawan BMKG Supadio, Ade Supriatna.

Masyarakat diimbau untuk tidak berada di bawah pohon saat terjadi hujan disertai angin kencang, serta menghindari tempat-tempat yang rawan roboh akibat angin kencang. Selain itu, BMKG juga mengimbau untuk menjaga kebersihan dan sirkulasi saluran air untuk meminimalisasi potensi banjir.

Simak informasi lain dari Kabupaten Kubu Raya dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#CuacaBuruk #BMKG



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x