Kompas TV nasional update corona

Pemkot Tangsel Kaji Penerapan Jam Malam Batasi Aktivitas Warga di Tengah Meningkatnya Kasus Covid-19

Kompas.tv - 1 September 2020, 15:51 WIB
pemkot-tangsel-kaji-penerapan-jam-malam-batasi-aktivitas-warga-di-tengah-meningkatnya-kasus-covid-19
Airin bersama Fokopimda Tangsel (Sumber: Renjana Pics)
Penulis : Deni Muliya

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.TV - Di tengah meningkatnya kasus positif Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) akan mengkaji penerapan jam malam untuk membatasi pergerakan warganya.

Baca Juga: Saat Pandemi Covid-19 Kasus Perceraian di Tangsel Meningkat di Atas 5 Persen

Untuk diketahui, total kasus positif Covid-19 di Kota Tangsel hingga Senin (31/8/2020), sudah mencapai 785 kasus. 

Dari jumlah tersebut, 637 pasien dinyatakan sembuh. Angka kesembuhan bertambah satu orang dari data terakhir pada Minggu (30/8/2020).

Sedangkan angka kematian akibat Covid-19 tidak bertambah, atau tetap 45 orang.

Saat ini, terdapat 103 pasien positif Covid-19 di wilayah Tangsel yang masih dirawat atau isolasi mandiri.

Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat tetap menjadi satu-satunya wilayah di Tangsel yang sampai saat ini bebas dari kasus positif Covid-19. 

Di sisi lain, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang menjadi wilayah dengan kasus positif tertinggi di Tangsel, yakni 50 kasus positif Covid-19. 

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan, pihaknya masih harus mengkaji apakah penerapan jam malam seperti yang dilakukan Kota Depok dan Bogor untuk membatasi aktivitas masyarakat itu efektif atau tidaknya.

Baca Juga: Jam Malam Depok karena Kasus Corona Tinggi, Pegawai Pulang Malam Harus Berbekal Surat Tugas

"Secara jumlah pasien ada kenaikan, tapi masih kita atasi," ujarnya dalam rekaman yang terima Kompas.com, Selasa (1/9/2020). 

"Tetapi kita kaji dulu ya apakah memang efektif atau tidak di Tangsel dengan pemberlakuan jam malam ini, dengan melihat akses masyarakat ini kan yang masuk banyak," imbuhnya.

Di sisi lain, lanjut Airin, pihaknya harus mempertimbangkan banyaknya warga yang harus bekerja atau beraktivitas keluar wilayah Tangsel. 

Menurut Airin, Pemkot Tangsel juga akan membahas teknis pelaksanaan jam malam tersebut serta pengawasannya dengan jajaran kepolisian dan TNI. 

"Jadi kalau terapkan jam malam nanti menjaganya bagaimana, seperti apa nanti kita akan diskusikan dengan Kapolres dan Dandim," kata Airin, menegaskan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.