Kompas TV feature news or hoax

Api Lahap Gedung Kejaksaan Agung - NEWS OR HOAX (Bag1)

Selasa, 1 September 2020 | 11:31 WIB

KOMPAS.TV - Sabtu 22 agustus lalu,  warga DKI Jkarta dihebohkan oleh peristiwa kebakaran yang melanda kantor kejaksaan agung di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Api yang berkobar sejak pukul 7 malam tersebut baru bisa dipadamkan 11 jam kemudian pada Minggu paginya.

Menanggapi reaksi atas kebakaran ini, masyarakat pun membuat beragam spekulasi dan skenario pribadi mengenai penyebab peristiwa tersebut.

Di media sosial misalnya, masyarakat khawatir bahwa kebakaran ini akan memengaruhi proses hukum yang sedang berjalan di kejaksaan agung, dan peristiwa itu berpotensi merusak berkas-berkas penting yang tersimpan di dalam kantor yang sudah berdiri sejak 1968 tersebut.

Mahfud MD selaku menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan pun memberikan pernyataan dalam menanggapi dampak kebakaran tersebut terhadap proses hukum yang sedang berjalan di kantor kejaksaan agung yang dia tulis di media sosial twitter.

Dalam cuitannya,  Mahfud mengatakan bahwa dokumen perkara kasus yang sedang berjalan dalam kondisi aman karena  ruangan yang terbakar adalah ruang intelijen dan ruang SDM.

Masyarakat  dihimbau untuk tidak perlu mengeluarkan spekulasi-spekulasi tambahan. Polisi pun saat ini masih mendalami kasus penyebab kebakaran di gedung 6 lantai itu.

Untuk saat ini , kantor kejaksaan agung akan bertempat sementara di dua tempat yaitu gedung badan diklat A yang berlokasi di Ragunan, Jakarta Selatan , dan gedung B di wilayah Ceger,  Jakarta Timur.

Penulis : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:57
DALAM PENGAMANAN NATAL & TAHUN BARU, POLRI AKAN GELAR OPERASI LILIN MULAI 23 DESEMBER 2020 HINGGA 4 JANUARI 2021   POLRI KERAHKAN 191.584 PERSONEL UNTUK AMANKAN NATAL & TAHUN BARU 2021   WAPRES MA’ARUF AMIN INGATKAN PELAKU INDUSTRI "FINTECH" PERKUAT KEAMANAN PELAYANAN BAGI MASYARAKAT   WAPRES MA'RUF AMIN: PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKNOLOGI FINANSIAL ATAU “FINTECH” DI INDONESIA BERKEMBANG SANGAT PESAT   PRESIDEN JOKOWI INGATKAN PARA MENTERI UNTUK TETAP BERHATI-HATI DALAM MENGGUNAKAN APBN 2021   PRESIDEN JOKOWI: APBN 2021 MASIH DIFOKUSKAN UNTUK PENANGANAN COVID-19, BAIK DI SEKTOR KESEHATAN MAUPUN EKONOMI    PRESIDEN JOKOWI MINTA MENSOS SEGERA MENYALURKAN BANTUAN SOSIAL UNTUK MASYARAKAT PADA AWAL JANUARI 2020   PENYIDIK KPK SITA SEJUMLAH BARANG DAN KARTU DEBIT DALAM PENANGKAPAN MENTERI KP EDHY PRABOWO   DPP GERINDRA DKI MENYATAKAN AKAN JELASKAN SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK   SEKJEN KKP ANTAM NOVAMBAR SEBUT PIHAKNYA HARGAI PROSES HUKUM KPK TERKAIT PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO    DARI 17 ORANG YANG DITANGKAP TERDIRI DARI MENTERI EDHY PRABOWO & ISTRI, PEJABAT KKP, SERTA SEJUMLAH PIHAK SWASTA   HINGGA SAAT INI, KPK MENANGKAP 17 ORANG DALAM RANGKAIAN OPERASI TANGKAP TANGAN MENTERI KP EDHY PRABOWO    KETUA HARIAN DPP GERINDRA SUFMI DASCO AHMAD MASIH TUNGGU INFORMASI VALID KPK SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO   WAKIL KETUA KOMISI IV DPR DEDI MULYADI MENGAKU PRIHATIN DENGAN PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK