Kompas TV feature news or hoax

Kompilasi Hoax 30 Agustus 2020 - NEWS OR HOAX (Bag2)

Selasa, 1 September 2020 | 11:31 WIB

KOMPAS.TV - Penelitian mengenai  COVID-19 mengalami perkembangan dengan muncul temuan-temuan baru yang dirilis.

Temuan-temuan ini mengacu  pada gejala baru, sifat virus, serta regulasi dan protokol baru yang mengikuti bersamaan dengan perkembangan virus tersebut.

Salah satu temuan terkini adalah adanya gejala baru yang terjadi pada orang yang terinfeksi oleh virus ini.

Baru-baru ini terdapat kasus meninggalnya tiga orang pasien penderita COVID-19 di daerah Banyumas, Jawa Tengah, yang dikenal dengan happy hypoxia syndrome.

Syndrome ini merupakan kondisi seseorang dengan kadar oksigen rendah dalam tubuhnya.

Normalnya, kadar oksigen di dalam tubuh seseorang yang sehat berada di angka 95%.

Namun, dalam kasus happy hypoxia ini, ditemukan tingkat persentase oksigen sebesar 70-80%. Bahkan, pada kasus tertentu,  ditemukan pasien dengan kadar oksigen bawah 50%. Apabila kondisi ini berlanjut, pasien akan memiliki peluang mengalami sesak napas dan matinya organ-organ tubuh yang bisa berakibat kematian.

Selain berita di atas, ragam informasi menyesatkan yang dikategorikan sebagai berita hoax pun juga ramai menyebar di sosial media selama sepekan ini.

Mulai dari informasi mengenai uang pecahan baru dengan nominal 200 ribu Rupiah, hingga munculnya surat yang mengatasnamakan organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang mengatakan bahwa penggunaan masker sudah tidak dianjurkan.

Masyarakat pun dihimbau untuk lebih awas dan bijak dalam mengolah informasi yang ada di media sosial.

Penulis : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:44
DALAM PENGAMANAN NATAL & TAHUN BARU, POLRI AKAN GELAR OPERASI LILIN MULAI 23 DESEMBER 2020 HINGGA 4 JANUARI 2021   POLRI KERAHKAN 191.584 PERSONEL UNTUK AMANKAN NATAL & TAHUN BARU 2021   WAPRES MA’ARUF AMIN INGATKAN PELAKU INDUSTRI "FINTECH" PERKUAT KEAMANAN PELAYANAN BAGI MASYARAKAT   WAPRES MA'RUF AMIN: PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKNOLOGI FINANSIAL ATAU “FINTECH” DI INDONESIA BERKEMBANG SANGAT PESAT   PRESIDEN JOKOWI INGATKAN PARA MENTERI UNTUK TETAP BERHATI-HATI DALAM MENGGUNAKAN APBN 2021   PRESIDEN JOKOWI: APBN 2021 MASIH DIFOKUSKAN UNTUK PENANGANAN COVID-19, BAIK DI SEKTOR KESEHATAN MAUPUN EKONOMI    PRESIDEN JOKOWI MINTA MENSOS SEGERA MENYALURKAN BANTUAN SOSIAL UNTUK MASYARAKAT PADA AWAL JANUARI 2020   PENYIDIK KPK SITA SEJUMLAH BARANG DAN KARTU DEBIT DALAM PENANGKAPAN MENTERI KP EDHY PRABOWO   DPP GERINDRA DKI MENYATAKAN AKAN JELASKAN SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK   SEKJEN KKP ANTAM NOVAMBAR SEBUT PIHAKNYA HARGAI PROSES HUKUM KPK TERKAIT PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO    DARI 17 ORANG YANG DITANGKAP TERDIRI DARI MENTERI EDHY PRABOWO & ISTRI, PEJABAT KKP, SERTA SEJUMLAH PIHAK SWASTA   HINGGA SAAT INI, KPK MENANGKAP 17 ORANG DALAM RANGKAIAN OPERASI TANGKAP TANGAN MENTERI KP EDHY PRABOWO    KETUA HARIAN DPP GERINDRA SUFMI DASCO AHMAD MASIH TUNGGU INFORMASI VALID KPK SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO   WAKIL KETUA KOMISI IV DPR DEDI MULYADI MENGAKU PRIHATIN DENGAN PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK