Kompas TV feature news or hoax

Kompilasi Hoax 30 Agustus 2020 - NEWS OR HOAX (Bag2)

Selasa, 1 September 2020 | 11:31 WIB

KOMPAS.TV - Penelitian mengenai  COVID-19 mengalami perkembangan dengan muncul temuan-temuan baru yang dirilis.

Temuan-temuan ini mengacu  pada gejala baru, sifat virus, serta regulasi dan protokol baru yang mengikuti bersamaan dengan perkembangan virus tersebut.

Salah satu temuan terkini adalah adanya gejala baru yang terjadi pada orang yang terinfeksi oleh virus ini.

Baru-baru ini terdapat kasus meninggalnya tiga orang pasien penderita COVID-19 di daerah Banyumas, Jawa Tengah, yang dikenal dengan happy hypoxia syndrome.

Syndrome ini merupakan kondisi seseorang dengan kadar oksigen rendah dalam tubuhnya.

Normalnya, kadar oksigen di dalam tubuh seseorang yang sehat berada di angka 95%.

Namun, dalam kasus happy hypoxia ini, ditemukan tingkat persentase oksigen sebesar 70-80%. Bahkan, pada kasus tertentu,  ditemukan pasien dengan kadar oksigen bawah 50%. Apabila kondisi ini berlanjut, pasien akan memiliki peluang mengalami sesak napas dan matinya organ-organ tubuh yang bisa berakibat kematian.

Selain berita di atas, ragam informasi menyesatkan yang dikategorikan sebagai berita hoax pun juga ramai menyebar di sosial media selama sepekan ini.

Mulai dari informasi mengenai uang pecahan baru dengan nominal 200 ribu Rupiah, hingga munculnya surat yang mengatasnamakan organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang mengatakan bahwa penggunaan masker sudah tidak dianjurkan.

Masyarakat pun dihimbau untuk lebih awas dan bijak dalam mengolah informasi yang ada di media sosial.

Penulis : Novian Zainul Arifin





BERITA LAINNYA


Kesehatan

Awas Diet Ekstrem Merajelela

Sabtu, 10 April 2021 | 18:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:20
KANTOR BUPATI BLITAR RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG WILAYAH JAWA TIMUR SIANG INI   DAMPAK GEMPA DIRASAKAN HAMPIR DI SELURUH WILAYAH JAWA TIMUR HINGGA MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT   BMKG SEBUT PUSAT GEMPA BERADA DI LAUT PADA JARAK 96 KM ARAH SELATAN KOTA MALANG DENGAN KEDALAMAN 25 KILOMETER   KEPALA BMKG STASIUN GEOFISIKA MALANG SEBUT GEMPA YANG DIRASAKAN WARGA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BMKG SEBELUMNYA MENYATAKAN GEMPA DI WILAYAH MALANG TERCATAT MEMILIKI KEKUATAN MAGNITUDO 6,7   SULTAN HB X MINTA WARGA LANSIA BERSEDIA DIVAKSIN AGAR PUNYA IMUNITAS DAN SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH   GUBERNUR YOGYAKARTA SULTAN HAMENGKU BUWONO X JALANI SUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS KEDUA HARI INI   PELABUHAN MERAK TETAP AKAN BEROPERASI LAYANI PENYEBERANGAN BARANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK DITERAPKAN   PELABUHAN MERAK TAK AKAN LAYANI PENYEBERANGAN UNTUK ORANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI DIBERLAKUKAN   POLDA METRO JAYA SEBUT AKAN ADA 20 PERSONEL TAMBAHAN YANG DIKERAHKAN UNTUK MENJAGA JALUR TIKUS KE LUAR JAKARTA   TERAPKAN LARANGAN MUDIK, POLDA METRO JAYA AKAN SIAPKAN 380 PERSONEL UNTUK MENJAGA 8 JALUR UTAMA   ANTISIPASI WARGA MUDIK, POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN 8 TITIK PENYEKATAN JALUR UTAMA   BMKG SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 DI MALANG TERASA HINGGA KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN BANTUL   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 GUNCANG MALANG, JATIM, PADA SABTU SIANG PUKUL 14.00 WIB TAK BERPOTENSI TSUNAMI