Kompas TV feature news or hoax

Kerjasama Vaksin Perangi Covid-19 - NEWS OR HOAX (Bag3)

Selasa, 1 September 2020 | 11:33 WIB

KOMPAS.TV - Jumat, 21 Agustus lalu, menteri bumn Erick Thohir menggugah foto bersama menlu Retno Marsudi dan senior director of Sinovac Life Sciences Co., Meng Wining.  Mereka bertiga berdiri dengan memegang kotak putih oranye.

Pertemuan tersebut juga membahas kontribusi alat kesehatan yang menjadi target penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok.

Menurut menteri BUMN Erick Thohir, kerja sama Bio Farma dan Sinovac tidak hanya transaksi dagang.

Namun hal ini juga mengandung muatan transfer teknologi ilmu pengetahuan mengenai vaskin yang penting dalam industri kesehatan nasional.

Dengan kerja sama ini, Erick juga berharap vaksinasi COVID-19 sudah bisa dilakukan di tanah air pada awal tahun 2021.

Saat ini, calon vaksin buatan Sinovac masih terus berjalan di tahap uji klinis fase tiga.

Sudah ada 2200 orang yang mendaftar sebagai sukarelawan. Di kloter pertama, sekitar 110 sukarelawan sudah disuntik vaksin.

Pada tahap ini, peneliti akan mengukur jumlah dan kecepatan antibodi yang terbentuk, serta efek samping dan tingkat kematian untuk kemudian dievaluasi.

Jika lolos di fase tiga, kandidat vaksin yang sudah diuji masih terus ditinjau efektivitasnya untuk menekan penyebaran COVID-19, dengan target 70%.

Tidak hanya itu, peneliti juga akan mengkaji tingkat keberhasilan vaksin, pada dan tiap rentan usia pasien dan prioritasnya. Selain itu juga ditelaah aspek kehalalannya untuk bisa diproduksi massal

Penulis : Novian Zainul Arifin





BERITA LAINNYA


Kesehatan

Awas Diet Ekstrem Merajelela

Sabtu, 10 April 2021 | 18:37 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:08
KANTOR BUPATI BLITAR RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG WILAYAH JAWA TIMUR SIANG INI   DAMPAK GEMPA DIRASAKAN HAMPIR DI SELURUH WILAYAH JAWA TIMUR HINGGA MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT   BMKG SEBUT PUSAT GEMPA BERADA DI LAUT PADA JARAK 96 KM ARAH SELATAN KOTA MALANG DENGAN KEDALAMAN 25 KILOMETER   KEPALA BMKG STASIUN GEOFISIKA MALANG SEBUT GEMPA YANG DIRASAKAN WARGA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BMKG SEBELUMNYA MENYATAKAN GEMPA DI WILAYAH MALANG TERCATAT MEMILIKI KEKUATAN MAGNITUDO 6,7   SULTAN HB X MINTA WARGA LANSIA BERSEDIA DIVAKSIN AGAR PUNYA IMUNITAS DAN SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH   GUBERNUR YOGYAKARTA SULTAN HAMENGKU BUWONO X JALANI SUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS KEDUA HARI INI   PELABUHAN MERAK TETAP AKAN BEROPERASI LAYANI PENYEBERANGAN BARANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK DITERAPKAN   PELABUHAN MERAK TAK AKAN LAYANI PENYEBERANGAN UNTUK ORANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI DIBERLAKUKAN   POLDA METRO JAYA SEBUT AKAN ADA 20 PERSONEL TAMBAHAN YANG DIKERAHKAN UNTUK MENJAGA JALUR TIKUS KE LUAR JAKARTA   TERAPKAN LARANGAN MUDIK, POLDA METRO JAYA AKAN SIAPKAN 380 PERSONEL UNTUK MENJAGA 8 JALUR UTAMA   ANTISIPASI WARGA MUDIK, POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN 8 TITIK PENYEKATAN JALUR UTAMA   BMKG SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 DI MALANG TERASA HINGGA KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN BANTUL   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 GUNCANG MALANG, JATIM, PADA SABTU SIANG PUKUL 14.00 WIB TAK BERPOTENSI TSUNAMI