Kompas TV feature news or hoax

Kerjasama Vaksin Perangi Covid-19 - NEWS OR HOAX (Bag3)

Selasa, 1 September 2020 | 11:33 WIB

KOMPAS.TV - Jumat, 21 Agustus lalu, menteri bumn Erick Thohir menggugah foto bersama menlu Retno Marsudi dan senior director of Sinovac Life Sciences Co., Meng Wining.  Mereka bertiga berdiri dengan memegang kotak putih oranye.

Pertemuan tersebut juga membahas kontribusi alat kesehatan yang menjadi target penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok.

Menurut menteri BUMN Erick Thohir, kerja sama Bio Farma dan Sinovac tidak hanya transaksi dagang.

Namun hal ini juga mengandung muatan transfer teknologi ilmu pengetahuan mengenai vaskin yang penting dalam industri kesehatan nasional.

Dengan kerja sama ini, Erick juga berharap vaksinasi COVID-19 sudah bisa dilakukan di tanah air pada awal tahun 2021.

Saat ini, calon vaksin buatan Sinovac masih terus berjalan di tahap uji klinis fase tiga.

Sudah ada 2200 orang yang mendaftar sebagai sukarelawan. Di kloter pertama, sekitar 110 sukarelawan sudah disuntik vaksin.

Pada tahap ini, peneliti akan mengukur jumlah dan kecepatan antibodi yang terbentuk, serta efek samping dan tingkat kematian untuk kemudian dievaluasi.

Jika lolos di fase tiga, kandidat vaksin yang sudah diuji masih terus ditinjau efektivitasnya untuk menekan penyebaran COVID-19, dengan target 70%.

Tidak hanya itu, peneliti juga akan mengkaji tingkat keberhasilan vaksin, pada dan tiap rentan usia pasien dan prioritasnya. Selain itu juga ditelaah aspek kehalalannya untuk bisa diproduksi massal

Penulis : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:23
DALAM PENGAMANAN NATAL & TAHUN BARU, POLRI AKAN GELAR OPERASI LILIN MULAI 23 DESEMBER 2020 HINGGA 4 JANUARI 2021   POLRI KERAHKAN 191.584 PERSONEL UNTUK AMANKAN NATAL & TAHUN BARU 2021   WAPRES MA’ARUF AMIN INGATKAN PELAKU INDUSTRI "FINTECH" PERKUAT KEAMANAN PELAYANAN BAGI MASYARAKAT   WAPRES MA'RUF AMIN: PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKNOLOGI FINANSIAL ATAU “FINTECH” DI INDONESIA BERKEMBANG SANGAT PESAT   PRESIDEN JOKOWI INGATKAN PARA MENTERI UNTUK TETAP BERHATI-HATI DALAM MENGGUNAKAN APBN 2021   PRESIDEN JOKOWI: APBN 2021 MASIH DIFOKUSKAN UNTUK PENANGANAN COVID-19, BAIK DI SEKTOR KESEHATAN MAUPUN EKONOMI    PRESIDEN JOKOWI MINTA MENSOS SEGERA MENYALURKAN BANTUAN SOSIAL UNTUK MASYARAKAT PADA AWAL JANUARI 2020   PENYIDIK KPK SITA SEJUMLAH BARANG DAN KARTU DEBIT DALAM PENANGKAPAN MENTERI KP EDHY PRABOWO   DPP GERINDRA DKI MENYATAKAN AKAN JELASKAN SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK   SEKJEN KKP ANTAM NOVAMBAR SEBUT PIHAKNYA HARGAI PROSES HUKUM KPK TERKAIT PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO    DARI 17 ORANG YANG DITANGKAP TERDIRI DARI MENTERI EDHY PRABOWO & ISTRI, PEJABAT KKP, SERTA SEJUMLAH PIHAK SWASTA   HINGGA SAAT INI, KPK MENANGKAP 17 ORANG DALAM RANGKAIAN OPERASI TANGKAP TANGAN MENTERI KP EDHY PRABOWO    KETUA HARIAN DPP GERINDRA SUFMI DASCO AHMAD MASIH TUNGGU INFORMASI VALID KPK SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO   WAKIL KETUA KOMISI IV DPR DEDI MULYADI MENGAKU PRIHATIN DENGAN PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK